Comscore Tracker

Jerman: Bom Bekas PD II di München Meledak, 4 Terluka

Masih adanya sisa bom bekas PD II di Jerman

Jakarta, IDN Times - Sebuah ledakan terjadi pada sekitar area konstruksi di Kota München, Bavaria yang tak jauh dari stasiun kereta api pada Rabu (1/12/2021). Kejadian ini berlangsung secara tiba-tiba dan disebabkan oleh bom bekas Perang Dunia II yang belum meledak. 

Peristiwa ini mengaggetkan berbagai pihak dan menyebabkan empat orang pekerja di area konstruksi terluka terkena ledakan bom. Bahkan, salah satu di antara korban mengalami luka parah. 

1. Bom bekas PD II meledak di dekat Donnersbergerbruecke

Ledakan bom bekas Perang Dunia II dengan daya ledak 250 kg itu terjadi persis di sebelah rel kereta api komuter yang menuju ke Stasiun Pusat München. Bahkan, lokasi titik ledakan tak jauh dari jembatan Donnersbergerbruecke. 

Dikethui lokasi ledakan tepat berada di area konstruksi untuk pengerjaan perluasan rel kereta api komuter. Meskipun demikian, dilaporkan tidak ada kerusakan apapun terhadap rel kereta api, tetapi pihak yang berada di lokasi sempat kaget lantaran mengira ada sebuah serangan. 

Padahal jalur kereta api tersebut diketahui sebagai salah satu yang tersibuk di Jerman dan terpaksa dihentikan selama beberapa jam. Selain itu, beberapa kereta api lokal yang tengah berada di lokasi kejadian sudah dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran, dilansir dari laman Associated Press

2. Proses pengeboran tanah memicu meledaknya bom

Baca Juga: Suami Kanselir Merkel: Warga Jerman Ogah Divaksin COVID karena Malas

Süddeutsche Zeitung melaporkan, petugas pemadam kebakaran dan kepolisian mengungkapkan bila bom itu meledak lantaran dipicu pengeboran oleh para pekerja konstruksi. Sementara bom diketahui berada dua hingga tiga meter di dalam permukaan tanah. 

Empat orang diketahui mengalami luka-luka akibat kejadian ini. Salah satunya adalah seorang pekerja konstruksi yang mengalami luka parah di kakinya lantaran terkena ledakan. Korban itu sudah dilarikan ke rumah sakit dan berhasil diselamatkan. 

Sementara dua orang lainnya adalah pekerja konstruksi dan penjaga area yang mengalami luka ringan. Sedangkan seorang operator ekskavator juga hanya mengalami luka ringan karena terlindungi oleh kendaraannya. 

Bom itu diketahui milik Amerika Serikat ketika pecahnya Perang Dunia II dan disebut memiliki 110 kg daya ledak TNT. Bahkan, ledakannya diketahui dapat merusak ekskavator dan menghancurkan beberapa mobil. 

3. Ledakan bom bekas Perang Dunia II beberapa kali terjadi di Jerman

Jerman: Bom Bekas PD II di München  Meledak, 4 TerlukaAsap yang membumbung tinggi akibat ledakan bom bekas Perang Dunia II di München pada Rabu (1/12/2021). (twitter.com/eha_deutsch)

Pakar dan tim penjinak bom sudah dikirimkan ke area tersebut untuk menyelidiki kemungkinan masih adanya bom yang tersisa. Pasalnya, setiap tahunnya ditemukan lebih dari 2.000 bom aktif dan munisi di Jerman, meski Perang Dunia II sudah berakhir lebih dari 70 tahun tahun lalu.

Amerika Serikat dan Inggris telah menjatuhkan lebih dari 1,5 juta ton bom di Jerman melalui udara pada masa Perang Dunia II. Pakar menduga 15 persen dari bom yang dijatuhkan tidak meledak dan beberapa di antaranya terkubur di dalam tanah hingga kedalaman 6 meter. 

Pada tahun 2010 lalu, tiga polisi penjinak bom di Göttingen tewas saat akan meledakkan bom berdaya ledak 450 kg. Sedangkan di tahun 2014, pekerja konstruksi di Euskirchen ketika cangkulnya mengenai bom 2.000 kg. 

Pada tahun 2012, bom diledakkan di München dan mengakibatkan kerugian jutaan euro pada 17 bangunan terdampak. Sedangkan di tahun 2015 lalu, 450 kg bom meledak di jalan tol di Offenbach am Main, dikutip dari The Guardian.

Baca Juga: Resmi! Olaf Scholz Gantikan Angela Merkel Sebagai Kanselir Jerman

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya