Kartel Narkoba di Meksiko Serang Warga Pakai Drone yang Dilengkapi Bom

CJNG kembali menebarkan ancaman

Jakarta, IDN Times - Sebuah video mengerikan tersebar di Meksiko dalam beberapa hari terakhir yang memperlihatkan serangan bom drone. Serangan itu diketahui berasal dari pesawat tanpa awak milik CJNG (Cártel de Jalisco Nueva Generación) yang digunakan untuk melawan kartel rival di Michoacan pada Senin (10/1/2022). 

CJNG diketahui sebagai salah satu organisasi kartel narkoba terkuat di Meksiko, di samping Kartel Sinaloa. Bahkan, CJNG dicap sebagai kartel paling berbahaya yang tak segan melawan aparat penegak hukum di Meksiko. 

1. Video memperlihatkan drone jatuhkan bom ke kamp milik pasukan pertahanan warga

Dilansir Vice, potongan video itu memperlihatkan drone milik pasukan CJNG melepaskan bahan peledak yang ditujukan ke arah kamp musuhnya. Ledakan bom menyebabkan orang yang ada di dalam kamp di sekitar hutan itu lari menyelamatkan diri. 

Tak berselang lama setelah empat bom dijatuhkan, potongan video menjadi blur dan diperkirakan drone itu telah jatuh ke tanah usai terkena tembakan. 

Serangan drone dilaporkan terjadi di Tepalcatepec, Michoacan yang berbatasan langsung dengan negara bagian Jalisco. Adapun sasaran pemboman ini diperkirakan anggota kelompok pertahanan yang berasal dari warga lokal. 

Kelompok pertahanan yang berasal warga lokal mulai dibentuk untuk melawan kartel narkoba sejak 1990-an. Pasalnya, warga lelah akan ancaman kartel dan tidak adanya aksi yang dilakukan pemerintah dalam memberikan perlindungan dan menjamin keamanan warga. 

Baca Juga: [KALEIDOSKOP 2021] 7 Aksi Kriminal Kartel Narkoba di Meksiko

2. CJNG sudah menyerang dua wilayah di Tepalcatepec

New York Post menyebut bahwa CJNG telah menyerang dua wilayah di Tepalcatepec, pada Senin pagi yaitu El Bejuco dan La Romera.

Namun, keesokan harinya kartel narkoba yang dipimpin El Mencho itu beralih menyerang dengan menggunakan drone. Bahkan, menurut keterangan dari kepala daerah setempat, serangan drone telah mengakibatkan seorang warga terluka. 

Sejak minggu lalu, Wali Kota Tepalcatepec, Martha Laura Mendoza, sudah meminta otoritas Meksiko untuk membantu mengamankan wilayahnya yang dilanda kasus kekerasan dan teror dari organisasi kriminal. 

"Di Tepalcatepec, selama empat bulan kami sudah dilanda ketakutan. Kota ini menjadi satu-satunya daerah yang lebih dari 3.000 warganya mengungsi untuk menyelamatkan diri dari serangan kartel narkoba" ungkap Mendoza, dalam Daily Mail

3. Drone sudah digunakan sebagai senjata oleh kartel narkoba sejak 2017

Drone yang dipersenjatai sudah digunakan dalam peperangan kartel di Meksiko sejak 2017 silam. Hal itu diketahui setelah polisi di Guanajuato menangkap anggota organisasi kriminal yang menggunakan pesawat terbang tanpa awak dan memasang bom pada alat tersebut. 

Pada April 2021, sebuah drone yang diduga dioperasikan oleh anggota CJNG atau rivalnya telah menjatuhkan bom ke kantor polisi lokal di dekat Aguililla dan melukai dua aparat kepolisian. Sementara, Aguililla diketahui sebagai kampung halaman El Mencho yang merupakan bos CJNG. 

Di sisi lain, CJNG juga dikenal sebagai kartel narkoba yang berbahaya lantaran memiliki persenjataan yang impresif dan memiliki tank buatan sendiri untuk melawan kartel rival. Selain itu, CJNG juga terkait dengan skandal penyelundupan senjata dari Amerika Serikat melalui platform eBay.

Baca Juga: 6 Kartel Narkoba Paling Brutal dan Berbahaya di Meksiko

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya