Kebakaran di Bolivia Hanguskan 150 Ribu Hektar Hutan

Kebakaran diduga akibat ulah manusia

Santa Cruz, IDN Times - Kebakaran hutan diketahui sudah terjadi di Bolivia dalam beberapa minggu terakhir, tepatnya di wilayah tenggara yang berbatasan dengan Brasil dan Paraguay. Bahkan insiden kebakaran sepanjang tahun ini sudah mengakibatkan sebanyak ratusan ribu hektar lahan hutan lindung hangus terbakar. 

Sementara penyebab kebakaran hutan di Bolivia masih belum dipastikan, tetapi ada dugaan bahwa pembakaran lahan untuk perluasan lahan pertanian dan peternakan yang menjadi penyebab kebakaran kali ini. 

1. Kebakaran hanguskan hampir 150 ribu hektare hutan

Pemerintah Bolivia pada Sabtu (7/8/2021) telah mengumumkan kebakaran hutan yang melanda sebagian besar wilayah tenggara Bolivia yang berbatasan dengan Brasil. Sementara wilayah paling terdampak bencana kebakaran hutan kali ini terletak di San Matias dan Robore. 

Dikutip dari The Rio Times, kebakaran di sepanjang tahun 2021 ini sudah menghanguskan hampir 150 ribu hektare hutan di Bolivia. Menurut keterangan dari Koordinator Program Pengendalian Api, Yovenka Rosado mengatakan, "Berdasarkan semua tingkat departemen, kami sudah menghitung bahwa terdapat 147.254 hektare lahan hutan yang hangus akibat kebakaran hutan."

Bahkan wilayah yang terdampak kebakaran hutan tahun ini sama seperti insiden kebakarah tahun 2019 lalu yang menghanguskan 6,4 juta hektare vegetasi di seluruh negeri. Peristiwa kebakaran itu telah menyebabkan matinya 2,3 juta binatang yang berada di Hutan Chiquitania, dikutip dari France24.  

2. Sebanyak 200 pemadam kebakaran sudah diterjunkan ke lokasi

Baca Juga: Bolivia: Perayaan Kemerdekaan Disambut Aksi Demonstrasi

Pada Minggu (8/8/2021) Pemerintah Provinsi Santa Cruz sudah mendeteksi adanya 35 titik kobaran api yang masih aktif dan bahkan selama satu bulan ini sudah ada 1.000 titik api aktif di wilayah Amazon Bolivia. Sementara Badan Penanggulangan Kebakaran Departemen Santa Cruz, Julio Fuentes menyarakan warga agar tidak membakar sampah ketika cuaca kering dan angin kencang. 

Selain itu, untuk menanggulangi kebakaran hutan, pemerintah sudah menerjunkan 200 petugas pemadam kebakaran untuk mencegah penyebaran api. Adapun beberapa alat berat yang diterjunkan beserta helikopter Super Puma yang membawa sejumlah kebutuhan untuk memadamkan api. 

Wakil Menteri Pertahanan Calvimontes juga mengatakan pada Minggu (8/8/2021) sumber panas sudah pada area kebakaran berkurang dari awalnya 520 menjadi 496. Namun ia juga mengingatkan bahwa api dapat merambat ke sejumlah taman nasional, dilansir dari DW

3. Pemerintah Bolivia tuding pengusaha properti sebagai pelaku penyebab kebakaran

Kebakaran di Bolivia Hanguskan 150 Ribu Hektar HutanPemandangan kebakaran hutan di Bolivia pada Minggu (8/8/2021). (twitter.com/pagina_siete)

Pada Minggu (8/8/2021) Wakil Menteri Pertahanan Juan Carlos Calvimontes mengataka bahwa pihaknya sudah mengidentifikasi pemilik bisnis yang diduga terkait properti yang menyebabkan kebakaran hutan. Calvimontes mengatakan, "Kami sudah mengidentifikasi nama properti dan pemilik bisnis yang diduga sebagai penyebab asal muasal api."

Sementara itu, sejumlah tuntutan hukum juga sudah disiapkan untuk memproses pebisnis tersebut atas kerusakan lingkungan yang disebabkannya. Namun tidak dijelaskan lebih lanjut mengenai siapa yang bertanggung jawab atas kebakaran hutan yang kerap melanda wilayah tenggara Bolivia. 

Baca Juga: Bolivia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Kuba

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya