Comscore Tracker

Kebakaran di Pantanal, Brasil Jadi yang Terbesar dalam Satu Dekade

Kebakaran melanda lahan basah terbesar di dunia

Brasilia, IDN Times - Kebakaran lahan basah Pantanal sudah berlangsung lebih dari satu bulan lamanya, sejak diketahui pada pertengahan Juli. Area konservasi yang berada di sebelah barat Brasil tersebut merupakan lahan basah terbesar di dunia dengan luas mencapai 42 juta hektare.  

Sebelum kejadian kebakaran di Pantanal, pada akhir tahun lalu Brasil juga dihebohkan dengan kebakaran hebat yang melanda Hutan Amazon. Kebakaran dua area yang sarat akan keanekaragaman hayati ini memberikan dampak besar terhadap kondisi lingkungan di Brasil maupun di seluruh dunia. 

1. Kebakaran terbesar dalam beberapa dekade

Kebakaran di Pantanal, Brasil Jadi yang Terbesar dalam Satu DekadeKebakaran melanda lahan basah Pantanal sejak pertengahan Juli 2020. twitter.com/uneoficial

Kebakaran lahan basah Pantanal yang terletak di perbatasan antara Brasil, Bolivia dan Paraguay sudah beberapa kali terjadi. Akan tetapi dikutip dari The Independent, kebakaran ini jadi yang terbesar dalam dua dekade terakhir. Bahkan diperkirakan area yang hangus disapu api melebihi luas daripada Kota New York. 

Bahkan melansir dari The Independent, menurut Badan Antariksa Brasil, INPE menyatakan bahwa terdapat lebih dari 2534 titik api yang terpantau sejak Januari hingga Juni 2020. Angka ini naik 158 persen dibanding tahun 2019 lalu yang tercatat sebanyak 981 titik api. Menurut analisis dari Federal University of Rio de Janeiro memperkirakan sekitar 16 persen dari area Pantanal hangus terbakar. 

2. Diperkirakan ribuan binatang mati akibat kebakaran ini

Kebakaran yang melanda Pantanal tentunya menyebabkan kerusakan ekosistem jangka panjang pada lahan basah terbesar di dunia ini. Serta mengakibatkan ribuan binatang liar mati terutama binatang yang tidak dapat berlari cepat seperti jenis reptil layaknya ular maupun kaiman. Dikutip dari Reuters, para dokter hewan dan biologis terjun langsung ke Pantanal untuk menyelamatkan binatang yang terluka. 

Melansir dari Reuters, Pantanal yang terletak di negara bagian Mato Grosso dan Mato Grosso do Sul, Brasil ini sangat kaya akan keanekaragaman hayatinya karena menjadi rumah bagi lebih dari 1200 spesies binatang dan 36 diantaranya termasuk hampir punah. Selain itu, juga menjadi habitat terbesar dari binatang eksotis asal Amerika Selatan, yaitu Jaguar. 

3. Kebakaran disebabkan oleh kekeringan ekstrem dan rendahnya curah hujan

Kebakaran di Pantanal, Brasil Jadi yang Terbesar dalam Satu DekadeIlustrasi kebakaran hutan. giphy.com

Pantanal memang tidak begitu dikenal luas layaknya Hutan Amazon, namun area ini umumnya dikenal karena areanya yang selalu basah. Sedangkan letaknya yang strategis berada di antara hutan belantara dan padang rumput luas di Brasil serta hutan kering di Paraguay menjadi magnet bagi binatang untuk datang ke tempat ini.

Dikutip dari Aljazeera, peneliti menuturkan bahwa pada tahun ini tidak terjadi banjir di Pantanal. Akibatnya air sungai Paraguay yang membelah Pantanal mencapai titik terendahnya sejak 1973. Sedangkan peneliti NASA menyatakan bahwa adanya perubahan temperatur di Samudra Atlantik atau Atlantic Multidecadal Oscillation yang berdampak memasnya suhu di Amerika Selatan dan berdampak pada kekeringan serta kebakaran hutan.

Baca Juga: Langit di California bak Planet Mars gegara Kebakaran Hutan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya