Comscore Tracker

Kebakaran di Tarragona Lahap Puluhan Hektare Hutan

Kebakaran terbesar di Katalonia tahun ini

Barcelona, IDN Times - Kebakaran hutan kembali terjadi di Tarragona, Katalonia, Spanyol pada hari Minggu (21/03/2021). Bahkan kebakaran tersebut sudah melahap puluhan hektare hutan dan menjadi kebakaran hutan terbesar di Katalonia yang tercatat di tahun 2021 ini. 

Hingga kini masih belum diketahui asal muasal dari kebakaran tersebut, tapi terdapat dugaan bahwa api berasal dari pembakaran untuk lahan pertanian. 

1. Kebakaran hanguskan 42 hektare area hutan

Pada Minggu (21/03/2021) sore terjadi kebakaran hutan yang berlokasi di wilayah Conca de Barberà, Tarragona, Katalonia. Bahkan kebakaran yang terjadi sekitar pukul 06.00 tersebut sejauh ini sudah menghanguskan sekitar 42 hektare lahan yang didominasi hutan, dilansir dari La Vanguardia

Sementara lahan yang terdampak kebakaran masuk dalam tiga wilayah administrasi meliputi Senan, Fulleda dan L'Espluga de Francolí. Bahkan diketahui insiden ini menjadi kebakaran hutan terbesar yang tercatat di Katalonia pada tahun ini. 

2. Puluhan unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api

Baca Juga: Kebakaran Hutan Besar Terjadi di Meksiko Timur Laut

Melaporkan dari El Pais, sejumlah 26 unit pemadam kebakaran sudah dikerahkan untuk memadamkan ganasnya kobaran api. Selain itu, satu helikopter dan dua pesawat terbang laut diterjunkan untuk mengjangkau area yang sulit diakses oleh kendaraan darat. 

Sementara ini pihak pemadam kebakaran sedang berjuang memadamkan api dan memrioritaskan pemadaman di sayap kanan. Hal ini untuk menghindari api menyebar lebih jauh dan mencapai jalan raya Senan, T-232 yang bisa membesar potensi kebakaran, dikutip dari El Periodico

3. Diduga disebakan oleh pembakaran vegetasi

Kebakaran di Tarragona Lahap Puluhan Hektare HutanTruk pemadam kebakaran di lokasi kebakaran Tarragona, Spanyol. twitter.com/BomberosEuskadi/

Sejak Senin (22/03/2021) pusat penyebaran api sudah dapat dikontrol setelah berhasil menahan laju api dan menstabilkan sekelilingnya. Pemadam kebakaran melakukan fokusnya untuk mengontrol pusat penyebaran dengan mengurangi kapasitas kemungkinan nyala api kedua kalinya. 

Sedangkan Agents Rurals masih melakukan penyelidikan asal mula api yang diduga berasal di area pembakaran tanaman dan kemudian tersebar akibat hembusan angin. Serta diketahui pembakaran dilakukan sejak Sabtu dan otoritas setempat sedang mencari pelaku utama yang menyebabkan terjadinya kebakaran ini, dikutip dari La Vanguardia

Melansir dari El Periodico, diketahui pada Minggu lalu, pihak pemadam kebakaran di Katalonia sudah bekerja keras untuk memadamkan lebih dari 20 kasus pembakaran vegetasi di wilayahnya. Termasuk salah satu di Girona yang mengakibatkan sekitar 3 hektare lahan terbakar.   

Baca Juga: Kebakaran Hutan Terjadi di Pesisir Tengah Chile

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya