Kebakaran Hutan Ashikaga, Jepang Ancam Permukiman Warga

Makin dekati area permukiman warga

Tokyo, IDN Times - Kebakaran hutan terjadi di Ashikaga, Prefektur Tochigi yang terletak 85 km di sebelah utara Tokyo, Jepang. Bahkan kebakaran hutan yang sudah berlangsung empat hari lamanya tersebut justru kian mendekati area permukiman warga. 

Hingga kini Pemerintah Jepang tengah mengupayakan untuk melakukan berbagai cara untuk menjinakkan api. Bahkan pemerintah setempat menginstruksikan warga untuk mengungsi sementara waktu.  

1. Kebakaran lahap lebih dari 70 hektar area hutan

Sejak hari Minggu (21/02) kebakaran hutan sudah berlangsung di Ashikaga, Prefektur Tochigi yang berjarak 85 km dari pusat kota Tokyo. Bahkan kebakaran tersebut masih terus membesar dan sudah melahap 76,5 hektar area hutan, bahkan kini semakin mendekati area permukiman warga di sekitar Gunung Ryogai. 

Melansir dari The Japan Times, kebakaran pertama kali dilaporkan oleh seorang pendaki gunung pada jam 3.30 dini hari waktu setempat. Saat itu para pendaki melihat api sudah membakar area hutan yang tak jauh dari puncak gunung. 

2. Pemerintah isyaratkan warga untuk mengungsi

Kebakaran Hutan Ashikaga, Jepang Ancam Permukiman WargaKepulan asap kebakaran hutan di Ashikaga, Jepang. instagram.com/daikokuya_jp/

Mengutip dari NHK World, pemerintah lokal sudah menginstruksikan penduduk yang tinggal di area sekitar untuk mengungsi. Hingga Kamis (25/02) sebanyak 15 orang dari 9 kepala keluarga yang berhasil diungsikan ke dalam tiga shelter. Namun pemerintah setempat mengisyaratkan sebanyak 207 kepala keluarga untuk dievakuasi. 

Menurut keterangan walikota Ashikaga, Izumi Sathosi mengatakan jika kebakaran ini disebabkan oleh fenomena gelombang udara kering menyulut terbakarnya daun. Sementara kobaran api semakin cepat akibat besarnya tiupan angin. 

Baca Juga: Kebakaran Hutan Terjadi di Pesisir Tengah Chile

3. Pemerintah Jepang terjunkan helikopter militer

Kebakaran Hutan Ashikaga, Jepang Ancam Permukiman WargaHelikopter militer Jepang yang ditugaskan memadamkan api. instagram.com/kir0221/

Melaporkan dari Channel News Asia, pemadam kebakaran tengah mengupayakan pemadaman di darat. Sementara helikopter milik militer Jepang tengah melakukan upaya pemadaman dari udara. Meskipun begitu nyala api sepertinya masih belum bisa dikendalikan dalam waktu dekat. 

Menurut keterangan dari pihak kota Ashikaga menuturkan jika dalam peristiwa ini belum menimbulkan korban terluka maupun korban jiwa. Namun bangunan kuil Shinto yang terbuat dari kayu di Gunung Ryogai hancur terbakar akibat insiden kebakaran hutan ini, dikutip dari NHK World

Baca Juga: 7 Dampak Kebakaran Hutan pada Hewan Liar, Miris Banget

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya