Comscore Tracker

Kebakaran Hutan di Danau Torrevieja, Spanyol

Kembali terjadi kebakaran hutan di Spanyol

Madrid, IDN Times - Kebakaran hutan terjadi di Taman Nasional Danau La Mata dan Torrevieja di Alicante, Spanyol. Bahkan kebakaran ini menghanguskan puluhan hektare hutan yang terletak di sebelah danau dan nyaris mendekati area permukiman penduduk. 

Sejak awal tahun ini, Spanyol telah dilanda puluhan kebakaran hutan yang tersebar di hampir seluruh wilayah di negara Semenanjung Iberia tersebut. 

1. Kebakaran menghanguskan puluhan hektare hutan

Sejak hari Sabtu (01/05/2021) kebakaran hutan sudah terjadi di Taman Nasional La Mata dan Torrevieja yang masuk dalam Provinsi Alicante, Spanyol. Kebakaran hutan ini diketahui bermula dari kebakaran semak yang menyebar dengan cepat dan membahayakan permukiman penduduk di sekitarnya. 

Sementara pihak pemadam kebakaran Alicante mengatakan jika kebakaran ini sudah menghanguskan 19,5 hektare hutan. Selain itu, lokasi kebakaran tepat di sebelah danau air asin berwarna merah muda Mata dan Torrevieja, dilansir dari El Espanyol

2. Kobaran api sudah dapat dikendalikan

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Sekitar Gunung Table, Ratusan Orang Dievakuasi 

Berdasarkan laman La Razon, kebakaran hutan di Taman Nasional Danau Mata dan Torrevieja ini sudah berhasil distabilisasi pada malam hari. Meski sebelumnya petugas pemadam kebakaran yang diterjunkan sempat mengalami kesulitan lantaran kecepatan angin yang mencapai 40 km per jam.

Demi memadamkan kebakaran ini otoritas Alicante harus menerjunkan sebanyak dua unit helikopter dan empat pesawat. Di samping itu, beberapa grup pasukan pemadam kebakaran dan penjaga hutan juga sudah diterjunkan untuk menangani kobaran api yang semakin mendekati permukiman penduduk. 

3. Penyebab kebakaran masih belum diketahui

Hingga kini penyebab kebakaran ini masih belum diketahui dan menyebabkan kerusakan yang cukup besar bagi taman nasional. Bahkan petugas pemadam dan kepolisian diharuskan mendatangi rumah penduduk yang terancam kobaran api dan sebagian di antaranya diharuskan keluar rumah akibat ancaman api, dikutip dari La Razon

Taman Nasional Danau La Mata dan Torrevieja merupakan salah satu area konservasi penting di Spanyol. Tempat ini menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna endemik serta menjadi tempat singgah bagi burung migrator seperti flamingo. 

Baca Juga: Kebakaran di Tarragona Lahap Puluhan Hektare Hutan

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya