Kebakaran Hutan di Patagonia, Argentina Hanguskan Ratusan Rumah

Hanguskan ribuan hektare hutan

Buenos Aires, IDN Times - Kebakaran hutan sudah melanda wilayah Patagonia Andes di Argentina sejak hari Selasa (09/03/2021). Bahkan kebakaran tersebut diketahui telah membakar ratusan rumah dan menyebabkan beberapa orang tewas dan belasan orang dilaporkan hilang.

Hingga hari Minggu (14/03/2021) kebakaran hutan diketahui masih melanda sebagian area hutan. Sedangkan petugas pemadam kebakaran sudah dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api yang kian membesar. 

1. Terjadi kebakaran hebat di Pegunungan Andes di Patagonia, Argentina

Sejak hari Selasa (09/03/2021) kebakaran hutan sudah melanda wilayah Patagonia Andes di bagian selatan Argentina. Bahkan diketahui kebakaran telah menghanguskan sekitar 1500 hektare hutan yang masuk dalam wilayah enam kota di kaki pegunungan Andes, meliputi Lago Puelo, El Bolson, El Maiten, Epuyen, Futaleufu, El Hoyo dan Las Golondrinas, dilansir dari Buenos Aires Times

Setidaknya terdapat 500 rumah penduduk hangus terbakar dan sebagian besar terdampak di kota Lago Puelo, El Hoyo dan Las Golondrinas. Padahal area Las Golondrinas termasuk dalam area beriklim baik sehingga termasuk area produktif untuk pertanian dan perkebunan aneka buah dan biji-bijian, dilansir dari Infobae

Baca Juga: Kebakaran Hutan Terjadi di Pesisir Tengah Chile

2. Kebakaran sebabkan dua orang tewas dan belasan hilang

Kebakaran Hutan di Patagonia, Argentina Hanguskan Ratusan RumahKebakaran hutan di Patagonia, Argentina yang melalap ratusan rumah penduduk. instagram.com/todo.sur/

Mengutip dari Buenos Aires Times, kebakaran di wilayah Patagonia Andes ini menyebabkan dua orang tewas dan sekitar 15 lainnya hilang. Bahkan ratusan orang yang mendiami area yang diprediksi sebagai jalur kobaran api harus dievakuasi. 

Pemadan kebakaran juga sudah dikerahkan untuk mencegah api menyebar ke area permukiman penduduk, bahkan ratusan anggota pemadam diterjunkan pada 500 meter dari pusat kobaran api. Sejak hari Jumat (12/03/2021) pesawat hydrant sudah diterjunkan untuk membantu memadamkan api. 

Sementara iklim juga ikut memiliki peran penting untuk menentukan kekuatan angin dan arah angin yang bisa mengubah jalannya kobaran api. Serta pada akhir pekan ini diketahui cuaca sangat baik dengan sinar matahari penuh dan temperatur di bawah 30 derajat. Sedangkan hujan hanya datang pada Selasa yang diharapkan dapat mengontrol api, dikutip dari Pagina 12

3. Presiden Alberto Fernandez kunjungi lokasi kebakaran

Melaporkan dari France24, pada Sabtu (13/03/2021) Presiden Argentina Alberto Fernandez melakukan kunjungan ke Lago Puelo, Chubut untuk melihat secara langsung dampak kebakaran. Namun ketika datang ke kota tersebut bus yang ia tumpangi diserang oleh kelompok anti pertambangan di sana. 

Hingga kini masih belum diketahui penyebab utama dari bencana ini, tapi pihak aktivis anti tambang menuding pihak tambang yang menyebabkan terjadinya kebakaran ini. Pemerintah lokal juga sedang melakukan investigasi untuk menyelidiki penyebab kebakaran dan dalang di baliknya. 

Pemerintah pusat Argentina juga berencana menggelontorkan dana sebesar 200 juta peso Argentina atau 22 ribu dolar AS untuk memulihkan area hutan. Presiden juga mengumumkan jika akan membangun lebih dari 250 rumah bagi warga terdampak, serta menjamin pasokan air dan gas di area tersebut. 

Baca Juga: 6 Kebakaran Hutan Terbesar yang Terjadi Setahun Terakhir

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya