Comscore Tracker

Kebakaran Hutan Terjadi di Pesisir Tengah Chile

Kembali terjadi kebakaran hutan di Amerika Selatan

Valparaiso, IDN Times - Kebakaran hutan kembali terjadi di Amerika Selatan, kali ini fenomena ini melanda hutan di sepanjang pesisir tengah Chile. Bahkan api dengan cepat menyebar hingga menghanguskan ribuan hektare hutan dan kian mendekati kawasan permukiman yang terletak di kota Quilpue.

Sebelumnya kebakaran hutan juga melanda Amerika Selatan, tepatnya wilayah negara Argentina, Paraguay, Brasil dan Bolivia. Diperkirakan gelombang panas dan musim panas di bagian Bumi selatan memicu terjadinya kebakaran ini. 

1. Hanguskan ribuan hektare hutan dan semak-semak

Kebakaran hutan di area pesisir tengah Chile yang masuk wilayah Valparaiso masih berlanjut hingga kini dan menyebabkan sekitar 4.200 hektare hutan dan semak-semak hangus dilalap api. Insiden kebakaran ini diperkirakan terjadi pada Kamis malam dan semakin membesar pada hari Jumat (15/01). dilansir dari Prensa Latina

Bahkan sejauh ini kebakaran hutan sudah membakar enam kabin dan empat rumah yang berada dalam area tempat wisata Lago Penuelas. Pemerintah setempat juga sudah mengungsikan sekitar 7 ribu warga lantaran penyebaran api yang begitu cepat dan sangat membahayakan. 

2. Pemerintah Chile kerahkan puluhan brigadir dan belasan helikopter

Baca Juga: Presiden Chile Didenda Usai Swafoto Tanpa Masker

Peristiwa kebakaran hutan ini membuat pemerintah Chile langsung bertindak dengan cepat. Menurut Korporasi Hutan Nasional (CONAF) pada hari Minggu (17/01) mengatakan apabila akan mengerahkan 27 brigade, 26 kapal tanker, tujuh alat berat, sepuluh pesawat terbang dan 18 helikopter demi meminimalisir penyebaran api, dikutip dari Telesur

Akibat kebakaran hutan ini menyebabkan kawasan antara Kota Valparaiso hingga Quilpue tetap masuk sebagai zona merah. Walaupun secara langsung belum mendekati kawasan permukiman penduduk, dilaporkan dalam Prensa Latina

3. Kebakaran Hutan diperkirakan masih akan membesar

Melansir dari Infobae, kebakaran hutan di Chile ini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti atau mengecil. Menurut Korporasi Hutan Nasional (CONAF) dan pemadam kebakaran sejak Jumat (15/01) suhu udara mencapai angka 30 derajat Celcius dan tingginya kelembapan disertai angin kencang justru membuat api semakin membesar.

Penyebab kebakaran hutan ini belum diketahui secara pasti apakah disengaja atau tidak serta masih dalam investigasi. Mengutip dari Telesur, Presiden Chile, Sebastian Pinera mengatakan melalui akun media sosialnya, "Kebakaran ini bisa saja disengaja oleh pihak tertentu. Kita sudah memiliki komplain kriminal terkait siapa pihak yang sengaja membakar negaranya sendiri"

Sebelumnya area tersebut juga sempat dilanda kebakaran hutan pada tahun 2017 yang menewaskan 11 warga dan lima diantaranya adalah anggota pemadam kebakaran. Sementara pada tahun 2019 lalu, area luar Kota Valparaiso sempat dilanda kebakaran hutan yang bertepatan dengan hari Natal, dilansir dari Metro

Baca Juga: Presiden Chile Didenda Usai Swafoto Tanpa Masker

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya