Kebakaran Semak Menghanguskan Setengah Pulau Fraser, Australia

Diperparah cuaca panas di Australia

Canberra, IDN Times - Kebakaran hutan melanda salah satu destinasi wisata populer di Australia, yakni Pulau Fraser. Pulau yang terletak di sebelah timur Negeri Kanguru tersebut sudah terjadi sejak beberapa minggu yang lalu, bahkan kini kebarakan sudah menghanguskan setengah luas pulau. 

Kebakaran yang terjadi di salah satu Cagar Budaya UNESCO ini diduga disebabkan oleh gelombang panas sepanjang bulan November. Dikhawatirkan kebakaran ini akan merusak ekosistem yang ada di pulau tersebut, dikutip dari CNN.

1. Api hampir melalap sebagian besar pulau

Pada hari Selasa (01/12) kebakaran di Pulau Fraser, Queensland, Australia belum menunjukkan tanda mereda. Malah kebakaran semak semakin membesar dan hampir menghanguskan setengah luas pulau pasir terbesar di dunia tersebut, yang mencapai lebih dari 80,000 Ha dari total luas 181,851 Ha, dikutip dari The Brisbane Times

Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi Queensland kebakaran akan semakin meluas disebabkan angin kencang dan cuaca panas ekstrem yang melanda Australia belakangan ini. Akan tetapi mulanya api muncul dari tempat perkemahan ilegal sejak enam minggu yang lalu, dilansir dari CNN

2. Puluhan pemadam kebakaran sudah mencoba menjinakkan api

Bahkan hingga kemarin api disebut membakar dari dua sisi di bagian utara dan mengarah ke selatan pulau menuju ke wisata Kingfisher Bay. Akibatnya, seluruh pengunjung dan staff di Kingfisher Bay Resort akan dievakuasi dan area wisata tersebut akan ditutup selama dua minggu mulai hari Senin (30/11) hingga hari Senin (14/12) kedepan. 

Sementara itu, sekitar 30 pemadam kebakaran sudah diterjunkan dan pesawat milik pemadam juga sudah menyiramkan ratusan liter air asin ke wilayah terdampak. Namun api masih terus menjalar, tapi aparat berusaha agar api tidak merambat ke area wisata, tempat ekologi dan situs Suku Aborigin Butchulla, dilansir dari The Guardian.

Baca Juga: Greenpeace Puji KPopers Peduli Isu Kebakaran Hutan Papua

3. Dikhawatirkan merusak ekologi dan ekosistem Pulau Fraser

Kebakaran Semak Menghanguskan Setengah Pulau Fraser, AustraliaPemandangan Danau McKenzie, Pulau Fraser, Queensland, Australia. instagram.com/officialfraserisland/

Kebakaran ini juga dikhawatirkan dapat merusak ekosistem dan ekologi di Pulau Fraser atau yang juga dikenal sebagai Pulau K'gari. Sebelumnya pulau pasir tersebut sudah terdaftar sebagai salah satu Cagar Budaya UNESCO sejak tahun 1992. Pulau itu juga menyimpan pantai indah sepanjang 250 km, danau air tawar, hutan hujan tropis, dan gumuk pasir yang mencapai ketinggian 200 meter, dilansir dari The Guardian.

Mengutip dari BBC, kebakaran semak di Australia antara periode 2019-2020 sudah menghanguskan sejumlah 24 juta Ha lahan. Bahkan kebakaran tersebut sudah terjadi di seluruh negara bagian di Australia yang menghancurkan lebih dari 3000 rumah dan membunuh jutaan binatang liar serta menewaskan 33 orang. 

Baca Juga: 6 Kebakaran Hutan Terbesar yang Terjadi Setahun Terakhir

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya