Comscore Tracker

Kebijakan Presiden Sebabkan Krisis Bahan Bakar di Meksiko

Kebijakan untuk memberantas pencurian bahan bakar lewat pipa

Meksiko, IDN Times - Meksiko menghadapi krisis bahan bakar setelah Presiden Andrés Manuel López Obrador atau Amlo yang baru menjabat mulai 1 Desember 2018, memberi kebijakan untuk menutup pipa saluran bahan bakar di seluruh negara untuk menangkal pencurian minyak oleh geng-geng kriminal di negara tersebut. Akibat dari kebijakan ini, BBM hanya dikirim melalui jalur darat menggunakan truk yang dikawal oleh pasukan bersenjata yang menyebabkan keterlambatan pasokan minyak di beberapa daerah.

Selain itu terlihat banyak pom bensin yang tutup dan antrian panjang untuk mendapatkan BBM di beberapa negara bagian. Pencurian tersebut merugikan Meksiko hingga miliaran dolar, di mana pada tahun lalu 60 milliar peso atau $3.14 miliar telah dicuri. 

1. Pemerintah Meksiko menerjukan 4000 pasukan

Kebijakan Presiden Sebabkan Krisis Bahan Bakar di Meksikouk.reuters.com

Akibat pencurian ini, Pemerintah Meksiko menerjunkan 4000 pasukan untuk menjaga seluruh pipa milik Pemex, sepanjang 1600 km. Pipa milik Pemex ini mengalirkan minyak ke seluruh negara dari kilang minyak di beberapa negara bagian, yang mana pipa tersebut dapat mengalirkan hingga 400.000 barrel BBM, per harinya. Presiden juga menghimbau agar warga di beberapa daerah tidak lagi mencuri BBM, yang akan merugikan uang negara yang dipergunakan untuk beasiswa dan berbagai program pemerintah. 

2. Adanya geng pencuri bahan bakar

Kebijakan Presiden Sebabkan Krisis Bahan Bakar di Meksikopanampost.com

Para geng pencuri minyak tersebut disebut dengan huachicolero, yang melakukan pencurian minyak melalui pipa yang menyaluran bahan bakar di seluruh Meksiko. Minyak yang dicuri, dengan saluran ilegal  yang menyedot pipa yang melalui daerah pedesaan, kemudian dijual kembali. Selain itu mereka juga bekerjasama dengan pihak dalam yang korup, untuk mendapatkan bahan bakar tersebut. 

Adanya saluran keran ilegal juga sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan terjadinya ledakan, seperti yang terjadi di Puebal pada tahun 2010 yang mengakibatkan 27 orang tewas. Serta puluhan orang terluka, dan puluhan rumah hancur akibat kejadian tersebut.

Baca Juga: Sejarah Pembuatan Tembok Perbatasan Meksiko - AS, Bagaimana Awalnya?

3. 10 Negara Bagian terdampak krisis ini

Kebijakan Presiden Sebabkan Krisis Bahan Bakar di Meksikomercurynews.com

Kebijakan ini menyebabkan lambatnya distribusi BBM dari kilang minyak hingga ke pom bensin di beberapa negara bagian, karena menggunakan truk yang dikawal pasukan bersenjata. Dampak dari keterlambatan ini menyebabkan pom bensin tutup dan terjadinya antrian panjang kendaraan dan orang. Setidaknya 10 negara bagian terdampak krisis, bahkan sudah merambat ke Ibukota Mexico City. 

Namun pihak swasta juga mau membantu dengan menerjunkan lebih dari 3500 truk tanker untuk ikut mendistribusikan BBM. Pengoperasian truk tersebut akan dilakukan selama 24 jam dalam tujuh hari dan akan dilindungi oleh pihak kepolisian. 

4. Menyebabkan kerugian besar

Kebijakan Presiden Sebabkan Krisis Bahan Bakar di Meksikoindianexpress.com

Akibat dari kebijakan ini, berbagai kerugian dialami oleh berbagai bisnis di negara bagian yang terdampak kelangkaan. Seperti halnya di Wilayah Metropolitan Kota Meksiko yang dihuni oleh 20 juta orang, di mana dilaporkan pengusaha transportasi yang mengandalkan BBM, terkena kerugian besar dari kejadian ini. Menurut Gustavo de Hoyos, ketua asosiasi pekerja Meksiko (Coparmex) mengatakan sekitar 3500 usaha terkena imbas kerugian lebih dari 60 juta peso.

Baca Juga: Sejarah Pembuatan Tembok Perbatasan Meksiko - AS, Bagaimana Awalnya?

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya