20 Orang Tewas Setelah Terjadi Kecelakaan Pesawat di Swiss

Kecelakaan yang dialami oleh pesawat antik

Bern, IDN Times - Pesawat zaman Perang Dunia II buatan Jerman, Junkers Ju-52 mengalami kecelakaan di Pegunungan Alpen, Swiss pada hari Sabtu (4/8/2018). Pesawat tersebut membawa 20 orang didalamnya yang meliputi 17 penumpang dan dua orang pilot serta satu awak, selain itu kecelakaan ini menyebabkan seluruh orang didalamnya tewas.

Pesawat ini melakukan penerbangan untuk wisata yang menawarkan pesona panorama Pegunungan Alpen, melalui atas. Jatuhnya pesawat tersebut tidaak jauh dari lokasi wisata favorit di Pegunungan Alpen, yakni Films, yang terletak di bagian timur Swiss, dilansir dari Rt.com.

1. Pesawat dalam keadaan penuh

20 Orang Tewas Setelah Terjadi Kecelakaan Pesawat di Swissnytimes.com

Berdasarkan dari laporan media lokal pesawat tersebut sudah penuh dipesan oleh para wisatawan. Namun korban dari pesawat ini semuanya berasal dari Swiss dan tiga orang awak berasal dari satu keluarga asal Austria, meliputi satu pasangan dan anak laki-laki mereka.

Pesawat tersebut dalam perjalanan kembali setelah dua hari tur ke Locarno, Swiss dan kembali ke Duebendorf dekat Zurich, dilansir dari Sky.com.

2. Pesawat zaman Perang Dunia II

20 Orang Tewas Setelah Terjadi Kecelakaan Pesawat di Swissflying-tigers.co.uk

Pesawat yang digunakan dalam penerbangan ini adalah pesawat buatan Nazi Jerman tahun 1939 dan digunakan dalam Perang Dunia II, sebagai pesawat pembom. Selain itu pesawat ini belum memiliki sistem semodern pesawat saat ini.

Sehingga saat akan jatuh tidak meninggalkan pesan apapun, serta tidak adanya data recorder dalam kokpit pesawat. Masih belum diketahui penyebab dari jatuhnya pesawat antik ini.

3. Pesawat Ju-52 lainnya dilarang terbang

20 Orang Tewas Setelah Terjadi Kecelakaan Pesawat di Swissnews.com.au

Dua pesawat lainnya dengan jenis yang sama yakni Junkers Ju-52 dilarang terbang untuk sementara waktu, hingga adanya informasi lebih lanjnut untuk menghindari kejadian yang sama. Pesawat-pesawat kuno ini merupakan bekas dari pesawat militer Angkatan Udara Swiss yang dipensiunkan sejak tahun 1981.

Terdapat empat buah pesawat jenis ini namun satu diantaranya telah dipesiunkan dua tahun yang lalu. Pesawat Ju-52 ini juga digunakan dalam pengambilan gambar film bergenre perang Valkyrie (2008), yang mengisahkan kembali aksi percobaan pembuhan pemimpin Nazi, Adolf Hitler oleh seorang perwira Jerman, Claus von Stauffenberg yang diperankan oleh Tom Cruise untuk menghentikan Perang Dunia ke II di tahun 1944.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya