Comscore Tracker

Kecelakaan Tambang di Coahuila, Ada Penambang Terjebak

Disebabkan terjangan banjir bandang

Kota Meksiko, IDN Times - Kecelakaan terjadi pada sebuah tambang batu bara di Negara Bagian Coahuila, Meksiko bagian Utara. Insiden ini disebabkan banjir bandang yang melanda area tambang sehingga menjebak beberapa penambang yang tengah berada di dalam terowongan. 

Sebelumnya sudah terjadi kecelakaan yang menimpa area pertambangan skala kecil di Coahuila, Meksiko. Bahkan insiden kecelakaan tambang di tahun 2006 lalu menyebabkan tewasnya puluhan penambang. 

1. Terjadi kecelakaan tambang batu bara di Coahuila

Pada hari Jumat (04/06/2021) terjadi kecelakaan tambang batu bara di Meksiko bagian Utara tepatnya masuk wilayah Negara Bagian Coahuila. Menurut otoritas setempat mengatakan bahwa kecelakaan tambang kali ini disebabkan terjangan banjir bandang yang berakibat pada runtuhnya terowongan di dalam tambang. 

Bahkan diketahui tambang skala kecil yang berlokasi di Desa Muzquiz tersebut sangat dalam dan memiliki jalan yang amat sempit, sedangkan batu bara yang hendak diambil berada di dinding Bumi. Luas area pertambangan di Coahuila tersebut terletak tak jauh dari Eagle Pass, Texas, AS yang hanya berjarak sekitar 130 km, dilansir dari Associated Press

2. AMLO sudah mengerahkan personil keamanan ke lokasi kejadian

Baca Juga: Sinkhole di Puebla, Meksiko Ancam Rumah Warga

Dilansir dari DW, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador sudah menugaskan pasukan Perlindungan Sipil untuk membantu tentara dan pasukan bersenjata lain yang sudah berada di lokasi kejadian. Melalui akun Twitternya, AMLO berkata, "Kami sedang melihat dan melakukan koordinasi dengan otoritas daerah dan negara bagian. Kami berharap bahwa penyelamatan sesuai dengan harapan dari para keluarrga dan semuanya."

Sedangkan menurut para petugas yang dikerahkan untuk menyelamatkan korban mengatakan apabila mereka harus memompa air keluar dari lubang terlebih dahulu untuk melanjutkan pencarian. Diketahui sebanyak tujuh penambang terjebak di dalam lubang sempit tersebut dan baru empat di antaranya yang berhasil dievakuasi. 

3. Tambang sudah mendapat peringatan dari otoritas setempat

Kecelakaan Tambang di Coahuila, Ada Penambang TerjebakSuasana tambang batu bara di Muzquiz, Coahuila, Meksiko usai insiden banjir pada Minggu (06/06/2021). (twitter.com/CNPC_MX)

Tambang batu bara tersebut sebenarnya sudah diinspeksi dan mendapat peringatan dari Kementerian Tenaga Kerja pada Oktober lalu. Namun berdasarkan pengujian dari otoritas menunjukkan tambang tidak dalam keadaan beresiko tinggi, sehingga dapat kembali beroperasi sejak Maret tahun ini. 

Sementara pebisnis di lokasi tersebut turut mengkritisi lantaran tidak adanya pakar tambang yang diterjunkan pada insiden kali ini. Setelah dua tahun lalu tim profesional terkait masalah darurat ini sudah dihapuskan oleh pemerintah lokal. Maka kini operasi penyelamatan hanya dilakukan militer dan otoritas negara bagian, dilansir dari El Pais

Selama ini Coahuila menjadi daerah produksi batu bara terbesar di Meksiko, tetapi telah terjadi beberapa kali insiden di area tambang. Salah satu yang paling serius terjadi pada 19 Februari 2006, ketika ada ledakan gas di tambang Pasta de Conchos milik Grupo Mexico yang menewaskan 65 penambang, dikutip dari BioBIoChile

Baca Juga: Kampanye, Calon Walikota di Meksiko Ditembak Mati

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya