Kenapa Moldova Resmikan Bahasa Rumania Jadi Bahasa Nasional?

Istilah Bahasa Moldova dibuat oleh Uni Soviet

Jakarta, IDN Times - Presiden Moldova, Maia Sandu telah menyetujui keputusan dekrit dari parlemen untuk mengesahkan Bahasa Rumania sebagai bahasa nasional. Artinya, Bahasa Rumania sah menggantikan kedudukan Bahasa Moldova sebagai bahasa resmi. 

Proposal perubahan bahasa nasional di Moldova sudah diserukan oleh anggota parlemen pro-Barat dalam beberapa bulan terakhir. Di sisi lain, anggota parlemen pro-Rusia menolak keras perubahan dan menginginkan bahasa nasional di negaranya tetap Bahasa Moldova. 

1. Sandu harap Bahasa Rumania dapat menyatukan rakyat Moldova

Sandu mengungkapkan bahwa penerimaan Bahasa Rumania sebagai bahasa nasional merupakan persatuan di Moldova. Ia pun mengungkit tentang sejarah bahwa Bahasa Rumania yang dituturkan sehari-hari di negaranya. 

"Hari ini, saya meresmikan sebuah undang-undang yang membuktikan kebenaran sejarah tidak dapat dipungkiri bahwa Rumania adalah bahasa nasional dari Moldova. Saya ingin Bahasa Rumania menyatukan kita semua yang tinggal di sini dan mencintai negara ini," tulis Sandu dalam akun Facebook-nya pada Rabu (22/3/2023), dilansir TASS.

"Pihak yang telah mengatakan selama bertahun-tahun bahwa kami, rakyat Republik Moldova, mengatakan bahwa kami mengatakan Bahasa Moldova dan bukan Bahasa Rumania. Mereka punya satu tujuan, yakni memecah belah kita semua," sambungnya. 

Sandu yakin dan menekankan bahwa Bahasa Rumania akan dan dapat menjadi katalis untuk konsolidasi dalam masyarakatnya. 

Baca Juga: Moldova Akan Sanksi 25 Orang yang Dukung Invasi Rusia di Ukraina

2. Menlu Rumania sebut Bahasa Moldova alat propaganda Rusia

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rumania, Bogdan Aurescu menyambut baik peresmian Bahasa Rumania sebagai bahasa nasional di Moldova. Ia juga mengungkapkan bahwa Bahasa Moldova tidak pernah ada dan bahasa itu dibuat-buat oleh Uni Soviet sebagai alat propaganda. 

"Kami menyambut baik peresmian Bahasa Rumania di Republik Moldova yang berfungsi mengembalikan kebenaran sejarah. Bahasa Moldova sebenarnya tidak pernah ada. Ini hanyalah buatan dari Uni Soviet dan kemudian digunakan Rusia untuk tujuan propaganda," papar Aurescu, dikutip G4 Media.

Berdasarkan keputusan ini, nantinya seluruh frasa yang menyatakan Bahasa Moldova akan diganti dengan Bahasa Rumania. Hal itu berlaku di parlemen, pemerintahan, hingga hari nasional dan libur di Moldova. 

Baca Juga: Rencana Rusia Bocor, Moldova Berang karena Bakal Dijegal Masuk UE

3. Rusia tolak klaim Bahasa Moldova sebagai alat propaganda

Kenapa Moldova Resmikan Bahasa Rumania Jadi Bahasa Nasional?ilustrasi bendera Rusia (pixabay.com/fotiniya)

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia, Maria Zakharova mengkritisi Menlu Rumania, Bogdan Aurescu atas tudingannya. 

"Menlu Aurescu mendeklarasikan bahwa Bahasa Moldova dibuat ketika masa pemerintahan Uni Soviet. Aurescu awalnya juga belum eksis, tapi akhirnya ia diciptakan. Sekarang, ini mungkin menyebutnya sebuah konstruksi buatan?" terang Zakharova, dikutip Romania Insider.

"Berbeda dari Aurescu, Bahasa Moldova merepresentasikan fenomena penting dalam sejarah dunia. Bahasa Moldova dan Rumania memang mirip, tapi beda dialek. Bahasa Moldova lebih tua dibanding Bahasa Rumania dan sekarang bahasa itu hanya dipertahankan di Transnistria," tambahnya. 

Mendengar komentar itu, Aurescu menanyakan pernyataan Zakharova ketika datang di Brussels dalam Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa. Ia menyebut bahwa tidak normal seoarang Menteri Luar Negeri mengomentari pernyataan pejabat Kemlu negara lain. 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya