Kerusuhan dalam Penjara Meksiko Sebabkan 6 Tahanan Tewas

Kembali adanya kerusuhan antar geng di dalam penjara

Kota Meksiko, IDN Times - Sebuah bentrokan antar tahanan di dalam penjara kembali terjadi di Meksiko. Insiden berdarah ini diduga akibat dari bentrokan antar anggota kelompok kriminal yang mengakibatkan beberapa tahanan tewas serta beberapa tahanan lainnya terluka. 

Sebelumnya bentrokan besar sudah terjadi pada awal tahun 2020 lalu di sebuah penjara yang berlokasi di Cieneguillas, Zacatecas, Meksiko yang menyebabkan setidaknya 16 tahanan tewas.

1. Pertikaian dalam penjara sebabkan enam orang tewas dan sembilan luka-luka

Sebuah insiden bentrokan antar tahanan terjadi di Kota Villahermosa, Negara Bagian Tabasco, Meksiko pada hari Selasa (22/06/2021). Pertikaian antar tahanan ini terjadi pada sore hari yang menimbulkan enam orang tewas dan sembilan lainnya mengalami luka berat maupun ringan. Sementara korban luka-luka sudah dilarikan ke Rumah Sakit Gustavo A. Rovirosa. 

Menurut keterangan dari Secretaría de Seguridad y Protección Ciudadana (SSPC), peristiwa berdarah ini terjadi sekitar pukul 05.00 waktu setempat di tengah lapangan olahraga Centro de Reinserción Social del Estado. Meski sempat membuat suasana mencekam, tetapi dua jam kemudian petugas sudah berhasil mengendalikan situasi, dilansir dari El Periodico

2. Diduga akibat perseteruan antar kelompok kriminal

Baca Juga: Nikaragua Memanas, Argentina dan Meksiko Tarik Dubesnya

Dikutip dari Associated Press, kerusuhan di dalam penjara ini diduga disebabkan perseteruan antar kelompok kriminal, di mana salah satunya anggota kartel Los Zetas. Bahkan diketahui kelompok yang beroperasi di Tabasco tersebut kerap bertarung dengan rivalnya meski berada di dalam penjara. 

Di sisi lain, pada pertikaian antar geng kriminal kali ini diketahui kedua pihak menggunakan senjata tajam sederhana buatan sendiri yang terbuat dari potongan logam, sendok, ataupun gergaji. 

3. Seringnya kasus kerusuhan dalam penjara Meksiko

Kerusuhan dalam Penjara Meksiko Sebabkan 6 Tahanan TewasSuasana penjara di Meksiko dari luar. (twitter.com/Notytend)

Insiden ini membuat sebanyak 80 aparat kepolisian diterjunkan untuk menormalkan situasi di dalam penjara. Bahkan pihak SSPC juga melakukan penyisiran di dalam gedung untuk menemukan semua benda tajam dan menyingkirkan benda tersebut lantaran dikhawatikan dapat digunakan dalam kerusuhan. 

Dilaporkan dari El Periodico, adanya pertikaian antar tahanan ini membuat puluhan keluarga tahanan mendatangi penjara untuk mengetahui kondisi terkini kerabat mereka. Insiden perkelahian ini juga masih dalam investigasi oleh Kantor Kejaksaan Negara Bagian Tabasco yang berkolaborasi dengan SSPC. 

Menurut Komisi HAM, pertikaian dalam penjara bukanlah hal yang baru di Meksiko bahkan diketahui tercatat hampir 1.000 kasus pertikaian dalam penjara di tahun 2020. Bahkan sudah terdapat sejumlah kasus pelarian dari penjara, termasuk raja narkoba Joaquin El Chapo Guzman yang telah dua kali lari dari tahanan sebelum diektradisi ke AS, dilansir dari laman BBC

Baca Juga: Meksiko Tuding Zara Lakukan Plagiarisme Desain Kain Suku Pribumi

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya