Comscore Tracker

Laut Arktik Rusia Pertama Kalinya Tidak Membeku di bulan Oktober

Ilmuwan khawatir kawasan ini memasuki iklim baru

Moskow, IDN Times - Pertama kalinya Laut Laptev yang terletak di sebelah utara Rusia tidak membeku sepanjang bulan Oktober tahun ini. Laut di Arktik yang dijuluki sebagai tempat lahirnya es tersebut bahkan mencair sebelum waktunya pada tahun 2020 ini. 

Bahkan sebelumnya suhu udara di wilayah Siberia dan bagian utara Rusia memanas yang mencapai 5 derajat celcius. Fenomena ini lantas membuat para ilmuwan khawatir apabila wilayah Kutub Utara tersebut sudah memasuki iklim baru.

1. Pesisir pantai masih belum diselimuti es di bulan Oktober

Laut Arktik Rusia Pertama Kalinya Tidak Membeku di bulan OktoberPesisir Laut Laptev di Siberia, Rusia. instagram.com/viktor.nikiforov.395/

Pesisir Laut Laptev selama ini selalu diselimuti es ketika memasuki musim gugur, tapi pada tahun ini kondisinya berbeda, di mana hingga akhir Oktober es belum juga muncul di pesisir pantai. Meski di area tersebut sudah diguyur hujan salju yang umumnya menandakan suhu yang kurang dari nol derajat. 

Melansir dari Al Khaleej Today, Walt Meier seorang peneliti di National Snow and Ice Data Center (NSIDC) di University of Colorado Boulder mengatakan apabila, "Ini cukup mengejutkan, tapi tidak membuat kejutan yang lainnya."

Hal tersebut dikarenakan selama lebih dari 40 tahun kejadian-kejadian tak terduga yang disebabkan oleh perubahan iklim seakan sudah menjadi hal yang biasa di Arktik. Bahkan wilayah tersebut mengalami pemanasan dua kali lipat dibandingkan wilayah lain di Bumi. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Soal Wilayah di Lingkaran Arktik

2. Es laut di Arktik mengalami penyusutan terendah dalam beberapa dekade terakhir

Melansir dari The Moscow Times, Es laut di Laut Laptev sudah mengalami penyusutan dari tahun ke tahun. Bahkan di tahun 2020 ini luasan es laut di Arktik mencapai titik terendahnya dalam beberapa dekade terakhir. Peneliti juga mengungkapkan apabila luasan es laut yang hilang sama halnya dengan gabungan luas negara bagian Teksas, Alaska dan Karolina Selatan. 

Ilmuwan juga mengungkapkan apabila penyebab dari berkurangnya es laut di Kutub Utara disebabkan pemanasa di kawasan Siberia. Selain itu, juga disebabkan adanya gelombang panas yang berasal dari Samudra Atlantik yang mengalir ke Arktik. 

3. Arktik memasuki rezim iklim baru yang berbeda dari sebelumnya

Laut Laptev sudah dijuluki sebagai tempat lahirnya es laut di Kutub Utara dikarenakan menyumbang produksi es laut berjumlah besar, yang kemudian dialirkan ke Samudra Arktik selama bulan Oktober hingga Mei tiap tahunnya. 

Menurut Oseanografer dari National Center for Atmospheric Research (NCAR) berkurangnya es laut memberikan pertanda apabila Arktik sedang memasuki rezim iklim baru. Artinya Arktik sedang dalam masa transisi dari area beku menjadi area dengan iklim yang baru, dikutip dari Al Khaleej Today

Bahkan para ilmuwan juga mengungkapkan apabila semakin berkurangnya es laut akan berdampak pada berkurangnya area putih yang dapat merefleksikan panas matahari kembali ke atas, dilaporkan dalam The Moscow Times

Baca Juga: 6 Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan, Serupa Tapi Tak Sama!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya