Ledakan di Pabrik Senjata Serbia, 3 Pekerja Terluka

Hanya berselang dua minggu dari ledakan pertama

Belgrade, IDN Times - Sebuah pabrik senjata di Čačak, Serbia mengalami ledakan hebat yang sampai terdengar di seluruh kota. Bahkan ledakan kali ini mengakibatkan tiga orang pekerja pabrik mengalami luka-luka dan otoritas setempat menganjurkan penduduk sekitar untuk dievakuasi. 

Pasalnya beberapa minggu lalu, Serbia juga sudah dikejutkan dengan peristiwa ledakan di pabrik senjata yang sama dan mengakibatkan kerugian hingga jutaan euro. 

1. Sebabkan tiga orang pekerja pabrik terluka

Pada hari Sabtu (19/06/2021) sebuah pabrik perakitan senjata Soboda di Čačak, Serbia mengalami ledakan hebat. Sementara ledakan pabrik ini terjadi pada pagi hari pukul 08.00 waktu setempat dan diawali dengan ledakan besar yang mengaggetkan penduduk sekitar kemudian diikuti beberapa ledakan kecil. 

Akibat insiden ledakan dan kebakaran di fasilitas persenjataan Serbia mengakibatkan sebanyak tiga orang mengalami luka-luka. Korban luka-luka merupakan dua laki-laki dan satu perempuan yang terkena pecahan kaca serta kini sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat, dilansir dari RT

2. Ledakan pabrik senjata kedua di Serbia pada tahun ini

Baca Juga: Ledakan di Pabrik Baja Picu Kebakaran Ketiga di Iran Sepekan Ini!

Dikutip dari Euronews, insiden ledakan senjata di pabrik Soboda, Čačak ini merupakan yang kedua kalinya di tahun ini. Sebelumnya pabrik pembuatan peralatan rumah tangga, amunisi, dan peledak ini sudah mengalami kebakaran dua minggu yang lalu, tepatnya pada Jumat (04/06/2021). 

Sementara kepolisian setempat sudah memblokir akses ke pabrik dan hanya memperbolehkan ambulans dan pemadam kebakaran untuk masuk. Pada ledakan kali ini belum diketahui kerugiannya, tetapi pada insiden ledakan sebelumnya Presiden Serbia, Aleksandar Vucic memperkirakan kerugian mencapai 2 juta euro atau Rp34,1 miliar. 

3. Sebagian penduduk Čačak dievakuasi

Insiden ledakan pabrik senjata Sloboda ini menyebabkan sebagian besar penduduk Kota Čačak harus dievakuasi. Menurut Walikota Čačak Milun Todorovic menyebutkan jika, "Akibat ledakan di pabrik Sloboda, maka ini dibutuhkan evakuasi kepada seluruh warga yang tinggal di sekitar pabrik. Sedangkan tempat yang dipergunakan bagi warga berada di stadion dan fasilitas olahraga."

Pabrik Sloboda sudah berdiri sejak 1948 dan memiliki pekerja sebanyak 2.500 orang dan memiliki spesialisasi pada produksi tank, artileri beserta beberapa jenis roket anti tank. Bahkan pabrik ini juga memroduksi beberapa alat-alat rumah tangga. 

Sebelum dua ledakan pada bulan Juni ini, pabrik Sloboda sudah mengalami rentetan ledakan pada 2003 yang mengakibatkan kematian tiga pekerja dan tahun 2010 lalu. Sebelumnya pabrik senjata ini juga sempat hancur akibat pemboman NATO tahun 1999 terkait Kosovo dan kini sudah dibangun kembali, dikutip dari RT

Baca Juga: 5 Cara Hadapi Ledakan Bom, Ini yang Harus Dilakukan dan Dihindari

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya