Lubang Raksasa Terbentuk di Area Parkir RS di Napoli

Tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka-luka

Napoli, IDN Times - Lubang menganga (sinkhole) tiba-tiba terbentuk pada area lapangan parkir sebuah rumah sakit di Kota Napoli pada Jumat (08/01/2021). Terbentuknya sinkhole ini menyebabkan beberapa mobil yang sedang terparkir, pohon dan tanda lalu lintas di sekitarnya tertelan ke dalam lubang. 

Akibat dari peristiwa ini, maka tempat perawatan pasien COVID-19 yang tak jauh dari lokasi terdampak harus ditutup sementara terkait diputusnya aliran listrik, dilansir dari The Guardian

1. Terbukanya lubang besar pada pagi hari

Pada hari Jumat (08/01) lubang raksasa menganga atau dijuluki sinkhole tersebut terbentuk di halaman parkir sebuah rumah sakit yang terletak di sebelah selatan Napoli. Lubang itu terbuka pada pukul 07.00 pagi hari waktu setempat di sekitar Rumah Sakit Ospedale del Mare.

Bahkan lubang tersebut sudah menelan beberapa mobil yang terparkir beserta tanda lalu lintas dan pohon. Sementara luasnya diketahui mencapai lebih dari 2000 meter persegi dengan kedalaman 20 meter, dikutip dari ABC

2. Disebabkan oleh infiltrasi air di dalam permukaan tanah

Baca Juga: Berukuran Raksasa, Ini 8 Lubang Hitam yang Jadi Tetangga Bumi

Melansir dari CNN, insiden tersebut terjadi pada pagi hari dan untungnya sekitar area rumah sakit tersebut masih sepi. Menurut kepolisian Napoli mengatakan apabila,

"Pihak bewajib menugaskan ahli teknis untuk memastikan kasus kolapsnya permukaan tanah tersebut, yang kemungkinan diakibatkan tingginya air hujan yang terinfiltrasi dalam dua minggu terakhir ini" 

"Sebelumnya terdapat hipotesa yang mengatakan jika pagi itu terjadi ledakan di sekitar rumah sakit yang kemudian dibantah. Namun tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden ini"

Pemadam kebakaran sudah dikerahkan dan menggunakan anjing pelacak untuk mengecek ada tidaknya korban yang terperangkap dalam lubang. Akibat insiden ini, pihak rumah sakit melakukan evakuasi pada enam pasien asimptomatik COVID-19.

3. Munculnya sinkhole sudah terjadi secara berkala

Melansir dari The Guardian, kejadian terbentuknya lubang di halaman parkir rumah sakit ini tentu berdampak pada tempat isolasi COVID-19 di dekatnya. Bahkan rumah isolasi tersebut terpaksa memindahkan pasiennya dan harus ditutup untuk sementara waktu karena putusnya aliran listrik dan air.

Munculnya sinkhole di Napoli sudah berulang-ulang terjadi, bahkan tercatat pada tahun 2019 terdapat sekitar 20 kejadian serupa. Sedangkan di Roma, kemunculan sinkhole juga kerap terjadi yang mencapai 100 kali pada tahun 2019 dan yang paling dikenal ketika terjadi tak jauh dari gedung peninggalan Romawi, Pantheon, dikutip dari The Local

Baca Juga: 5 Sinkhole Ini Jadi Incaran Traveler, Wisata Kelas Dunia 

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya