Meksiko akan Bantu Ekuador Masuk dalam Aliansi Pasifik

Ekuador belum jadi anggota tetap Aliansi Pasifik

Mexico City, IDN Times - Presiden Ekuador Guillermo Lasso Mendoza pada Senin (23/8/2021) berkunjung ke Meksiko untuk bertemu dengan Presiden Andrés Manuel López Obrador. Kedua pemimpin di Amerika Latin itu membicarakan berbagai kesepakatan untuk meningkatkan hubungan diplomatik kedua negara. 

Sebelum ke Meksiko, Presiden Lasso sudah berkunjung ke beberapa negara di Benua Amerika, seperti Amerika Serikat, Peru dan Kolombia untuk meningkatkan kerja sama politik, keamanan dan perdagangan. 

1. Guillermo Lasso hadiri acara peringatan Perjanjian Cordoba di Meksiko

Presiden Ekuador, Guillermo Lasso kembali melakukan perjalanan ke luar negeri untuk menghadiri undangan dari Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. Pada perjalanan kali ini presiden yang resmi menjabat Mei lalu itu berangkat dari pangkalan udara Simon Bolivar di Guayaquil menuju Mexico City.

Namun pada Selasa (24/8/2021) Lasso akan berhenti di Córdoba, Veracruz untuk menghadiri acara peringatan Perjanjian Cordoba yang ke 200 tahun. Acara tersebut sekaligus menjadi akhir dari Perang Kemerdekaan Meksiko melawan Spanyol dan megawali era baru Kekaisaran Meksiko Pertama. 

Pada pertemuan kenegaraan ini, Lasso akan memanfaatkan kesempatan ini demi meningkakan kerja sama terutama dalam perdagangan bebas antar kedua negara, dilansir dari laman El Universo

2. Meksiko upayakan masuknya Ekuador dalam Aliansi Pasifik

Baca Juga: Hindari Persekusi, Eks Capres Meksiko Kabur ke Luar Negeri

Dilansir dari Market Research Telecast, Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador juga sudah berjanji kepada Guillermo Lasso untuk mengalwai langkah Ekuador masuk dalam anggota penuh Aliansi Pasifik. Pasalnya selama ini, Ekuador hanya menjadi pengamat dalam organisasi regional ekonomi yang dibentuk oleh Chile, Kolombia, Peru dan Meksiko. 

Selain bertemu dengan Presiden Meksiko, Sekretariat Komunikasi Presidensial Ekuador juga akan menghadiri pertemuan dengan Dewan Pebisnis Meksiko dalam peningkatan kerja sama bidang perdagangan internasional, investasi dan teknologi. 

Sementara Lasso dijadwalkan kembali ke Ekuador pada Kamis (26/8/2021) bersama dengan beberapa menteri di antaranya, Menlu Mauricio Montalvo, Menteri Produksi Julio José Prado, Menteri Telekomunikasi Vianna Maino dan istrinya María de Lourdes Alcívar, dikutip dari El Universo

3. Setuju berantas tindak penyelundupan manusia dan migran

Menlu kedua negara sudah menyetujui adanya pertemuan bilateral kedua negara dalam menangani migrasi. Keduanya sedang mengupayakan persetujuan pembebasan visa bagi penduduk yang akan berkunjung Ekuador ke Meksiko atau sebaliknya. 

Diplomasi ini dilakukan setelah pemerintahan Lopez Obrador yang mengaktifkan kembali persyaratan visa kepada warga Ekuador saat masuk ke Meksiko. Hal ini setelah adanya peningkatan penduduk Ekuador yang masuk ke Meksiko dengan tujuan selain berwisata dalam beberapa bulan terakhir. 

Di sisi lain, Pemerintah Meksiko dan Ekuador juga menyetujui keinginan keduanya untuk bekerja sama dalam memberantas penyelundupan manusia dan migran, dikutip dari laman Market Research Telecast

Baca Juga: Meksiko Tuduh Pembuat Senjata AS Lalai dalam Distribusi

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya