Meksiko: Anak El Chapo Gelar Pesta Besar di Sinaloa

Demi mendapatkan simpati dan dukungan warga lokal

Jakarta, IDN Times - Empat anak eks bos Kartel Sinaloa, Joaquin 'El Chapo' Guzman pada Jumat (17/12/2021) telah menyelenggarakan acara pesta la posada di Kota Culiacan, Sinaloa. Pasalnya, anak-anak El Chapo yang dijuluki dengan Los Chapitos itu dikenal sebagai buronan paling dicari di Meksiko. 

Bahkan, pesta ini diselenggarakan hanya selang beberapa hari setelah pengumuman pemberian hadiah sebesar Rp72 miliar dari Pemerintah AS, bagi yang bisa memberikan informasi penangkapan setiap anak El Chapo.

1. Los Chapitos selenggarakan la posada dengan berbagai hadiah bagi warga

Penyelenggaraan acara pesta yang diduga didanai oleh empat anak El Chapo ini diketahui dari video yang memperlihatkan sebuah pesta megah di Culiacán. Pada video tersebut terlihat sejumlah band yang tampil disertai delapan mobil baru yang disediakan sebagai hadiah untuk pengunjung. 

Selain mobil, dalam potongan video itu juga terdapat pula berbagai mainan dan barang-barang lainnya yang memang disediakan sebagai hadiah. Bahkan, terdapat sticker hitam dengan inisial El Chapo, yakni JGL alias Joaquin Guzman Loera di bagian luarnya. 

Dilansir dari Daily Mail, acara ini diduga diselenggarakan oleh empat anak El Chapo, yakni Ovidio Guzmán López, Joaquín Guzmán López, Ivan Archivaldo Guzmán, dan Jesús Alfredo Guzmán. Pesta ini diketahui sebagai la posada yang merupakan acara keagamaan di Meksiko dan Amerika Latin untuk menyambut Natal. 

Biasanya, la posada di Meksiko diadakan antara 16 Desember hingga 24 Desember setiap tahunnya. Namun, Kepolisian Sinaloa mengaku tidak mengetahui secara pasti mengenai penyelenggaraan pesta posada yang diselenggarakan anak El Chapo. 

2. La Posada diselenggarakan untuk merebut simpati warga Sinaloa

Baca Juga: AS Janjikan Rp71 M yang Bisa Tangkap Anak Bos Kartel Narkoba El Chapo

Sementara itu, dalam kutipan video yang mengehebohkan sosial media itu tidak terlihat seorang pun pengunjung. Hal ini kemungkinan dilakukan untuk melindungi identitas dari para pengunjung dan penyelenggara acara. 

Pemerintah Sinaloa mengungkapkan dalam Proceso dilansir Mexico News Daily bahwa pesta posada yang diselenggarakan Los Chapitos merupakan aksi sosial yang selama ini dilakukan ayahnya yang merupakan mantan bos Kartel Sinaloa. Hal ini dilakukan demi merebut simpati warga Sinaloa. 

Pasalnya, Los Chapitos yang kini disebut memimpin Kartel Sinaloa diketahui mulai kehilangan simpati dari masyarakat Sinaloa terkait berbagai aksi kekerasan yang dilakukan kepada anggota kartel lain dan warga sipil. 

Pada tahun 2020, anak-anak El Chapo diduga sudah menyelenggarakan pesta Natal besar-besaran. Meskipun, pesta yang diselenggarakan di San Diego, El Dorado, Culiacan itu akhirnya dibubarkan oleh pasukan militer yang datang, dikutip dari El Universal. 

3. Keponakan El Chapo juga ikut berulah pada hari yang sama

Di samping acara la posada yang diselenggarakan Los Chapitos, sepupunya Aureliano Guzmán Araujo alias El Guanito juga tertangkap kamera berada di sebuah klub malam. Bahkan, keponakan El Chapo bersama gengnya telah menembakkan beberapa peluru di dalam klub malam di Kota Culiacan pada Jumat malam.

Anak bungsu Aureliano Guzmán Loera alias El Guano dan kelompoknya itu diketahui melepaskan delapan tembakan dan salah seorang di antaranya sempat menodongkan senjata kepada kerumunan pengunjung. Tindakan ini membuat seluruh pengunjung klub malam lari keluar untuk menyelamatkan diri, dikutip dari laman Daily Mail.

Sementara itu, dilaporkan satu orang mengalami luka tembakan di kaki dan wajahnya. Namun, tidak diketahui bagaimana kelanjutan kabar orang tersebut. 

Setelah itu, terdapat tiga orang bersenjata dari luar klub malam yang diketahui merupakan aparat kepolisian. Alih-alih menangkap El Guanito, polisi itu justru menyuruhnya untuk segera pergi dan berdalih ini dilakukan demi mengamankan warga serta menjaga perdamaian, dilaporkan dari The Sun

Baca Juga: Susul Suami, Istri El Chapo Ditangkap karena Kasus Narkoba

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya