Comscore Tracker

Meksiko: Anak El Mencho Dituding Dalang Penculikan 2 Tentara

Balasan atas penangkapan Rosalinda González

Jakarta, IDN Times - Setelah ditangkapnya istri bos CJNG (Cártel de Jalisco Nueva Generación), Rosalinda González Valencia pada Senin (15/11/2021) lalu. Tak berselang lama, organisasi kartel yang dipimpin El Mencho itu diduga melakukan balasan dengan menculik dua anggota marinir di Zapopán, Jalisco, Meksiko. 

Namun, Tentara Meksiko menduga bahwa anak perempuan El Mencho bernama Laisha Oseguera sebagai dalang di balik penculikan ini. Bahkan, dua personel militer itu disebut menjadi korban pertama atas tertangkapnya La Jefa. 

1. Dua tentara diculik ketika berada di pusat perbelanjaan

Mexico News Daily melaporkan, terduga pasukan CJNG telah menculik dua orang anggota militer Angkatan Laut. Diketahui bahwa kedua militer itu adalah sekretaris kapten dan pengemudinya di Zapopan, area metropolitan Guadalajara. 

Dua personel Angkatan Laut itu diculik ketika berada di pusat perbelanjaan. Bahkan, kendaraannya berjenis Jeep warna putih, yang selama ini mereka gunakan untuk berkeliling hanya tertinggal begitu saja di tempat parkir. 

Sementara, berdasarkan informasi dari intelijen setempat mengungkapkan bila peristiwa penculikan berlangsung pada Senin petang. Di samping itu, kekasih Laisha juga terindikasi tengah berada di sekitar Zapopan pada saat kejadian berlangsung. 

2. Laisha diduga sebagai dalang aksi penculikan tentara

Baca Juga: Meksiko: Istri Bos Kartel CJNG Berhasil Ditangkap

Militer Meksiko menduga bahwa aksi penculikan ini dilakukan oleh anak perempuan El Mencho, yakni Laisha Michelle Oseguera González. Pasalnya, Laisha merupakan satu-satunya anggota keluarga inti El Mencho yang belum tertangkap, setelah ditangkapnya El Menchito, Jessica Johanna Oseguera dan terakhir ibunya. 

Pada Rabu (17/11/2021) militer juga melakukan aksi pencarian di area permukiman mewah di Zapopan, Guadalajara. Bahkan, personel militer juga melakukan penggeledahan di sejumlah rumah-rumah warga, yang mungkin menjadi kediaman dari Laisha dan kekasihnya, Christian Fernando Gutiérrez Ochoa, dikutip dari Market Research Telecast

Dilansir dari Reforma dalam Mexico News Daily, dua orang sudah ditangkap oleh pasukan bersenjata terkait hubungannya dengan Laisha. Selain itu, dua properti yang diduga milik dari anggota Los Cuinis, geng yang dibentuk saudara Rosalinda Gonzalez disita oleh pihak berwajib. 

3. Ratusan pasukan elit dikerahkan untuk mencari keberadaan El Mencho

Setelah tertangkapnya Gonzalez, pasukan bersenjata Meksiko sudah diterjunkan di beberapa negara bagain, termasuk Jalisco, Nayarit, Michoacan dan Guanajuato untuk mengamankan area dan mencari keberadaan El Mencho. 

Sebanyak 450 pasukan elit dan marinir sudah dikerahkan untuk mencari pemimpin salah satu kartel terkuat di Meksiko itu. Bahkan, pasukan bersenjata sudah dipersenjatai dengan helikopter dan drone dalam menyisir area Jalisco untuk mencium jejak pemimpin CJNG itu. 

Namun, penculikan kepada dua personel militer Meksiko ini telah menunjukkan bagaimana kekuatan yang dimiliki kartel narkoba Meksiko. Bahkan, organisasi kartel itu layaknya negara dalam negara yang mampu memberikan ancaman kepada institusi keamanan tertinggi negara dan tak segan membunuh petinggi aparat keamanan, dilansir dari laman Puerta Vallarta Daily.

Baca Juga: Eks Pemimpin Gerilya FARC Kolombia Ditangkap di Meksiko

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya