Comscore Tracker

Meksiko: Bos Kartel Juarez Dihukum 28 Tahun Penjara

Salah satu bos kartel terkuat di Meksiko

Jakarta, IDN Times - Kantor Kejaksaan Meksiko (FGR) pada Selasa (14/9/2021) telah menjatuhkan hukuman kepada mantan bos Kartel Juarez bernama Vicente Carrillo Fuentes. Pasalnya Vicente disebut menjadi salah satu orang paling ditakuti dan bertanggung jawab atas tewasnya ribuan orang dari di Ciudad Juarez. 

Pada Agustus lalu, Eduardo Arellano Felix, mantan bos Kartel Tijuana sudah dipulangkan ke Meksiko setelah mendapatkan keringanan masa tahanan di AS. Hal ini dikarenakan bos kartel dengan nama lain The Doctor itu bersedia bekerja sama untuk meringkus gembong narkoba lain. 

1. Mendapatkan hukuman 28 tahun penjara

Vicente Carrillo Fuentes atau yang memiliki nama samaran El Viceroy resmi dikenai hukuman hingga 28 tahun penjara. Penetapan hukuman ini sesuai dengan tuntutan kepadanya yang bertanggung jawab atas aksi kriminal penyelundupan narkoba, berkaitan dengan pengadaan barang ilegal, pencucian uang dan penimbunan senjata. 

Selain itu, El Viceroy juga dituding menjadi otak pembunuan kepala Polisi Negara Bagian Juarez, José Refugio Rubalcava dan dua anaknya, Alberto Enriquez Rubalcava dan Cesar Enriquez Rubalcava. Ketiganya ditemukan tewas di dalam sebuah mobil kosong pada 27 November 1994. 

Kementerian Keuangan AS juga sudah memberinya sanksi atas penyelundupan narkoba bersama dengan 11 bos kartel Meksiko lainnya sejak tahun 2000. Pada 24 Juli 2009, ia juga dituntut oleh Pengadilan Distrik Timur New York terkait hubungannya dengan Norte del Valle Cartel dan Autodefensas Unidas de Colombia (AUC) di Kolombia, dilaporkan dari laman Daily Mail

2. Carillo Fuentes ditangkap pada 2014 di Coahuila

Baca Juga: Meksiko: Banjir Genangi Rumah Sakit, 17 Pasien Tewas

Dikutip dari BBC, Vicente sudah berhasil ditangkap saat melintas di sebuah pos penjagaan kepolisian di Negara Bagian Coahuila pada Oktober 2014. Bahkan ia bersama dengan seorang bodyguardnya berhasil diringkus oleh sejumlah anggota kepolisian Meksiko. 

Dilansir dari France24, kabar penangkapan Vicente juga menjadi kabar baik bagi Drug Enforcement Administration (DEA) di Amerika Serikat. Bahkan kepala DEA saat itu, Michele Leonhart memberikan ucapan selamat kepada Meksiko atas penangkapan salah satu bos kartel paling kuat dalam sejarah. 

"Carillo Fuentes merupakan eks bos kartel Juarez dan mengakibatkan kematian dan kekerasan di Meksiko, serta menyebabkan kecanduan narkoba di Amerika Serikat dan seluruh dunia" ujar Leonhart. 

Bahkan saat itu, bos kartel berusia 58 tahun itu menjadi buronan nomor satu DEA dan memberikan hadiah sebesar 5 juta dolar AS (Rp71 miliar) bagi siapapun yang dapat menangkapnya. 

3. El Viceroy mendirikan kartel bersama saudaranya Amado Carillo Fuentes

Sementara itu, Vicente merupakan pemimpin Kartel Juarez sejak tahun 1997, setelah saudaranya Amado Carillo Fuentes meninggal akibat kesalahan dalam operasi plastik di RS Santa Monica. Operasi itu dilakukan Amado untuk menghilangkan jejaknya dengan merubah bentuk wajahnya agar tidak mudah dikenali. 

Sepeninggal saudaranya yang memiliki julukan Lord of the Skies karena kerap menggunakan pesawat pribadi untuk menyelundupkan narkoba, ia menjadi bos kartel selama 17 tahun hingga diringkus pada 2014. Bahkan El Viceroy dan saudaranya dikenal akan idenya dalam pembangunan kompleks finansial untuk mencuci uang hasil penjualan narkoba dan menjadi salah satu organisasi kartel terkuat di Meksiko, dilansir dari BBC

Dikutip dari Daily Mail, setelah tertangkapnya Vicente, Kartel Juarez yang kini dipimpin oleh Juan Pablo Ledezma yang juga memimpin geng kriminal La Linea. Pemerintah Meksiko juga sudah menawarkan hadiah 2 juta dolar AS (Rp28,4 miliar) bagi yang bisa menangkap atau memberikan informasi mengenai Ledezma. 

Memiliki basis di Ciudad Juarez, yakni kota strategis yang terletak di perbatasan Meksiko-AS, membuatnya harus bersaing dengan Kartel Sinaloa. Bahkan keduanya kartel narkoba itu tak jarang harus berperang satu sama lain demi menguasai mayoritas rute perdagangan narkoba ke Amerika Serikat. 

Baca Juga: Wow! Peneliti Meksiko Klaim Ciptakan Masker Pembunuh COVID-19

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya