Comscore Tracker

Meksiko Lelang Properti Milik El Chapo Guzman

Dana akan dialokasikan untuk kepentingan publik

Kota Meksiko, IDN Times - Pemerintah Meksiko memutuskan untuk melakukan lelang terhadap beberapa rumah milik gembong narkoba asal Sinaloa, Joaquin 'El Chapo' Guzman. Rencana ini akan dilaksanakan pada bulan September mendatang yang bertempat pada salah satu rumah miliknya. 

Sebelumnya seluruh properti milik El Chapo sudah disita oleh Pemerintah Meksiko sejak penangkapannya pada tahun 2016 dan kemudian diekstradisi ke Amerika Serikat pada 2017 lalu. 

1. Melakukan pelelangan rumah dan ruangan di Stadion Azteca milik El Chapo Guzman

Presiden Meksiko Andres Lopez Manuel Obrador atau AMLO mengumumkan jika pemerintahannya akan menyelenggarakan acara lelang properti milik Joaquin 'El Chapo' Guzman pada 15 September nanti. Properti yang hendak dilelang berupa seluruh rumah kediamannya beserta sebuah ruangan mewah di dalam Stadion Azteca.  

Salah satu rumah milik El Chapo yang akan dilelang adalah kediamannya di jalan Emiliano García 1811, Culiacan, Sinaloa. Rumah tersebut memiliki harga mencapai 3,83 juta peso Meksiko atau 192.463 dolar AS dengan dua ruang tidur, ruang keluarga, dapur, tempat parkir, dan taman depan.

Meskipun bukan tergolong rumah mewah tetapi rumah tersebut menyimpan terowongan rahasia yang digunakan Chapo untuk melarikan diri pada 2014 lalu. Polisi federal menemukan terowongan yang menghubungkan rumahnya dengan saluran air bawah tanah, dilansir dari laman El Tiempo

2. Rumah milik Amado Carrillo Fuentes juga ikut dilelang

Baca Juga: Susul Suami, Istri El Chapo Ditangkap karena Kasus Narkoba

Dikutip dari laman 20Minutos, selain properti milik El Chapo, kediaman mewah dari mantan kepala Kartel Juarez, Amado Carrillo Fuentes juga ikut diundi. Rumah mewah di Kota Meksiko bernama Casa Pedregal de San Ángel tersebut sudah disita oleh pemerintah setempat lebih dari 20 tahun yang lalu.

Rumah mewah tersebut terletak di Jalan Crater 525 Kota Meksiko itu berada di lingkungan paling eksklusif di ibukota Meksiko dengan luas mencapai 3.000 meter persegi. Bakan rumah tersebut digadang-gadang sebagai properti yang paling mahal dibandingkan rumah lain yang hendak diundi.  

Sebelumnya rumah milik Amado Carrillo Fuentes tersebut sudah dilelang pada Mei tahun lalu dengan harga sebesar 49.7 juta peso. Akan tetapi pembeliannya tidak terwujud, sehingga Pemerintah Meksiko berniat mengundi kembali rumah tersebut. 

3. Uang hasil pelelangan akan dialokasikan untuk kepentingan publik

Meksiko Lelang Properti Milik El Chapo GuzmanPresiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador ketika berpidato. twitter.com/lopezobrador_/

Menurut Presiden AMLO saat mengumumkan di konferensi pers pada hari Kamis (27/05/2021) lalu mengatakan jika hasil uang yang didapat dari properti sitaan milik El Chapo ini akan dialokasikan untuk kepentingan publik. Maka nantinya dana yang dikumpulkan akan digunakan membantu membeli vaksin dan peralatan kesehatan serta diberikan sebagai beasiswa, dilansir dari Mexico News Daily

Dilaporkan dari Infobae, selain berniat menjual seluruh aset sitaan dari El Chapo, Pemerintah Meksiko juga sudah menghabiskan waktu dua tahun lamanya untuk menjual pesawat kepresidenan yang seharga 2,3 juta dolar AS. Namun karena kurangnya peminat, PBB ikut mempromosikan penjualan pesawat tersebut. 

Baca Juga: El Chapo Dinyatakan Bersalah, Vonis Seumur Hidup Menanti

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya