Comscore Tracker

Meksiko Temukan 28 Migran Nikaragua di Dalam Ambulans Palsu

Penangkapan migran capai rekor tertinggi di tahun 2021

Jakarta, IDN Times - Otoritas Meksiko telah menemui sejumlah cara yang digunakan para penyelundup migran agar dapat mengantarkan kliennya ke AS. Pada Sabtu (22/1/2022) otoritas menemukan puluhan migran asal Nikaragua yang menggunakan ambulans untuk melintas di wilayah Oaxaca. 

Sebelumnya, truk kontainer yang mengangkut migran gelap asal Guatemala terguling di Tuxla Gutierrez, Chiapas pada akhir tahun lalu. Peristiwa ini telah mengakibatkan tewasnya 55 migran gelap yang hendak menuju ke perbatasan Meksiko-AS. 

1. Mobil pengangkut migran gelap dicat dengan logo IMSS

Instituto Nacional de Migración (INM) menemukan cara baru yang digunakan untuk menyelundupkan migran gelap Amerika Tengah. Hal itu setelah sebuah ambulans tertangkap basah membawa 28 migran gelap asal Nikaragua menuju ke Amerika Serikat, bahkan sembilan di antaranya adalah anak tanpa pengawasan. 

Departemen Dalam Negeri Meksiko mengatakan bahwa mobil itu dicat dengan logo palsu IMSS (Instituto Mexicano del Seguro Social) untuk menghindari pengecekan dari petugas. Namun, ambulans yang mencurigakan itu berhasil dihentikan oleh aparat penegak hukum di Jalapa del Marqués, Oaxaca. 

Atas hal itu, satu orang yang diduga sebagai bagian dari penyelundup migran ditangkap oleh petugas IMN. Sementara, para migran yang ditemukan dalam kondisi ini biasanya akan dikembalikan ke negara asalnya, kecuali jika mereka adalah korban kriminalitas, dilansir dari laman Associated Press

2. Ditemukan delapan motor untuk menyelundupkan migran gelap

Meksiko Temukan 28 Migran Nikaragua di Dalam Ambulans PalsuSepeda motor yang tertangkap sedang digunakan mengangkut migran Kuba di Tabasco, Meksiko pada Selasa (25/1/2022). (twitter.com/INAMI_mx)

Baca Juga: Polisi Gagalkan Peredaran Sabu Cair Asal Meksiko

Kasus penyelundupan migran Amerika Tengah di Meksiko disebut kian marak belakangan ini dan menggunakan cara yang nyeleneh. Pada Selasa (25/1/2022) otoritas menemukan skema baru dengan menyelundupkan migran dengan menggunakan sepeda motor untuk mengarungi Meksiko. 

Petugas menemukan delapan sepeda motor yang digunakan penyelundup dan masing-masing mengantarkan migran Kuba di kursi belakang. Kedelapan motor itu dihentikan di titik pengecekan Tabasco yang diketahui berjarak 300 km dari perbatasan Meksiko-Guatemala. 

Para migran diketahui hendak menuju ke negara bagian Coahuila yang berjarak 1.600 km di sebelah utara Tabasco. Setelah itu, para pengemudi motor ditahan dan delapan migran diserahkan kepada otoritas imigrasi, dilaporkan Associated Press

3. Penangkapan migran di Meksiko lampaui 250 ribu jiwa

Dikutip The Hill, otoritas Meksiko sudah menangkap sekitar 252.256 migran dari Januari hingga November 2021. Bahkan, angka ini disebut melampaui rekor migran yang berhasil ditangkap oleh aparat penegak hukum di negara Amerika Utara itu sejak tahun 2001. 

Pasalnya, di tahun 2020, Sekretaris Dalam Negeri Meksiko menyebut hanya terdapat 82.379 migran yang berhasil ditangkap otoritas setempat. Jumlah ini menujukkan kenaikan hingga 206 persen hanya dalam satu tahun. Namun, diduga pandemik COVID-19 telah menurunkan angka migrasi dalam satu tahun. 

Sejauh ini, Meksiko sudah mengembalikan 40 persen warga negara asing yang ditahan di negaranya yang berjumlah 101.571 orang. Di samping itu, Meksiko sudah memberikan visa kemanusiaan bagi 42.855 warga asing yang di antaranya berasal dari Haiti, Honduras, dan Venezuela. 

Sepanjang lima tahun ini, mayoritas migran yang ditangkap di Meksiko berasal dari tiga negara Segitiga Utara Amerika Tengah, yakni Guatemala, El Salvador, dan Honduras. Namun, terdapat peningkatan migran asal Haiti, Venezuela, Kuba, dan Ekuador di tahun 2021. 

Penangkapan migran asal Brasil dan Chile juga naik di tahun 2021, tapi migran tersebut bukanlah asli dari dua negara Amerika Selatan itu. Melainkan pengungsi dari Haiti yang sudah menetap lama dan memutuskan untuk pindah lantaran mendapat tekanan sosial di Chile dan Brasil. 

Baca Juga: Penembakan di Cancun, Meksiko, 2 WN Kanada Tewas

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya