Moldova Ajukan Bahasa Rumania sebagai Bahasa Nasional

Langkah mendekatkan diri ke Eropa

Jakarta, IDN Times - Parlemen Moldova, pada Jumat (3/3/2023), setuju dengan wacana menetapkan Bahasa Rumania sebagai bahasa nasional di negaranya. Jika undang-undang resmi disahkan, nantinya bahasa Rumania akan menggantikan bahasa Moldova sebagai bahasa resmi. 

Situasi di Moldova dalam beberapa hari terakhir terus memanas. Mereka menyerukan agar pemerintah memberikan subsidi energi dan menjauhkan negara Eropa Timur itu dari peperangan dengan Rusia. 

1. Partai penguasa setuju bahasa Rumania jadi bahasa nasional

Anggota parlemen yang setuju wacana ini berasal dari partai penguasa pemerintahan, Partai Aksi dan Solidaritas (PAS). Sebanyak 56 dari 101 anggota parlemen menyetujui undang-undang tersebut. 

Nantinya, Bahasa Rumania akan menggantikan penamaan istilah bahasa Moldova yang dikenal sebagai bahasa nasional di Moldova. Pasalnya, lebih dari 80 persen warga Moldova berbicara bahasa Rumania sebagai bahasa ibu mereka. 

Dilansir RFE/RL, penamaan bahasa resmi di Moldova tengah menjadi isu hangat dengan Rumania terkait keinginan mendekatkan diri dengan Uni Eropa dan NATO. Bahkan, terdapat pula isu unifikasi Moldova dengan Rumania. 

Baca Juga: Putin Batalkan Dekrit yang Dukung Kedaulatan Moldova, Apa Dampaknya?

2. Oposisi Moldova menolak penetapan bahasa Rumania sebagai bahasa resmi

Persidangan ini berlangsung dengan alot lantaran terjadi perdebatan antara parlemen mayoritas dan oposisi pro-Rusia. Bahkan, anggota PAS dan BCS (Bloc of Communists and Socialists) terlibat pelemparan dan hampir adu jotos. 

Partai oposisi pro-Rusia membeberkan spanduk yang bertuliskan, "Referendum Moldova, rakyat Moldova, cara Moldova" dan "Jangan hina konstitusi".

Partai BCS juga mengungkapkan keinginannya untuk menantang perubahan di Pengadilan Konstitusional. 

Mantan Presiden Moldova, Igor Dodon, menginginkan nama bahasa itu tetap Moldova, meskipun Moldova bukanlah sebuah bahasa. Sebab, Moldova dan Rumania memiliki sejarah, budaya, dan bahasa yang sama. 

Moldova dianeksasi oleh Rusia pda 1812 dan menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia dengan nama Bessarabia sampai akhir Perang Dunia I. Kemudian, mereka bergabung dengan Rumania usai mengadakan referendum. Sebelum Perang Dunia II, Moldova kembali dianeksasi Uni Soviet sampai 1990-an. 

3. Moldova dan Rumania setuju tingkatkan hubungan ekonomi

Moldova Ajukan Bahasa Rumania sebagai Bahasa NasionalPerdana Menteri Moldova, Dorin Recean saat bertemu Presiden Rumania, Klaus Iohannis di Bukarest. (facebook.com/recean.md)

Pada Rabu (1/3/2023), Moldova dan Rumania berjanji untuk meningkatkan hubungan ekonomi menyusul invasi Rusia ke Ukraina. 

Perdana Menteri Moldova Dorin Recean bertemu dengan Presiden Rumania Klaus Iohannis di Bukarest untuk membahas penguatan hubungan diplomatik kedua negara. Sekaligus membicarakan terkait naiknya tensi dengan Rusia di tengah perang Ukraina. 

"Kedua tepi Sungai Prut berbicara bahasa yang sama, yakni Rumania. Kami akan segera mengintegrasikan pasar finansial kami dengan pasar finansial Rumania, sehingga dapat diakses di Chisinau. Saya menyerukan semua pengusaha di kedua tepi Sungai Prut dalam membangun bisnis dan mengggunakan seluruh potensi ekonominya," kata Recean, dilansir Reuters

Baca Juga: Rumania Tolak Klaim Kirimkan Pasukannya ke Perbatasan Moldova

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya