Pakar di Paraguay Minta Perbatasan dengan Brasil Ditutup

Terkait varian P1 asal Amazon

Asuncion, IDN Times - Pakar Kesehatan di Paraguay memohon agar pemerintah setempat menutup perbatasan antara Paraguay dan Brasil. Usulan ini diberikan karena belakangan ini terjadi lonjakan kasus COVID-19 di Paraguay yang ditengarai berasal dari varian P1 asal Manaus, Brasil. 

Bahkan sejak beberapa hari lalu, Paraguay sudah memberlakukan penguncian wilayah menjelang perayaan Minggu Agung menjelang Paskah lantaran tingginya kasus penularan COVID-19.

1. Usulan untuk menutup perbatasan Paraguay-Brasil

Pada Senin (29/03/2021) Pakar Penyakit Menular di Paraguay Elena Candia memberikan saran kepada pemerintah agar menutup perbatasan negaranya dengan Brasil. Usulan ini diungkapkan lantaran masih belum ditutupnya perbatasan di Paraguay meski sudah diberlakukan lockdown. 

Seorang infektologis tersebut mengungkapkan jika Brasil saat ini menjadi episentrum dari pandemik dengan konsentrasi 25 persen seluruh kematian di dunia akibat COVID-19. Bahkan ia juga mengungkapkan kekhawatirannya akan penyebaran COVID-19 varian P1 asal Brasil yang disebut lebih mudah menular dan resisten terhadap imunitas alami serta vaksin, dilansir dari The Rio Times

2. Menolak rekomendasi Dirjen Pengawas Kesehatan 

Baca Juga: Presiden Paraguay Bertahan dari Upaya Pemakzulan Oposisi

Mengutip dari Infobae, Direktur Pusat Migrasi, Angeles Arriola mengatakan bahwa keputusan agar tetap membuka perbatasan sesuai rekomendasi kepala Direktorat Jenderal Pengawas Kesehatan, dr. Guillermo Sequera. Ia mengungkapkan jika penutupan perbatasan dengan Brasil tidak akan mengubah sirkulasi varian P1 di Paraguay. 

Namun analisis dari Direktorat Jenderal Pengawasan Kesehatan ditolak oleh Pusat Penyakit Menular Paraguay dan menyuruh pemerintah agar segera memperbaiki keadaan dan menutup segala pintu perbatasan. 

Hingga hari Senin (29/03/2021) total kasus penularan COVID-19 di Paraguay sudah mencapai 210.425 kasus dengan jumlah kematian sebesar 4.113 jiwa. Bahkan pada tanggal 24 Maret kasus harian COVID-19 di Paraguay mencapai rekor sebesar 2.688 kasus. 

3. Paraguay kembali berlakukan lockdown

Pakar di Paraguay Minta Perbatasan dengan Brasil DitutupPemandangan kota Asuncion, Paraguay. (instagram.com/fotociclo)

Sejak Sabtu (27/03/2021) Pemerintah Paraguay sudah memberlakukan lockdown ketat di negaranya terkait tingginya kasus COVID-19. Keputusan ini demi mencegah merebaknya virus COVID-19 varian P1 asal Manaus, Brasil yang sudah masuk ke Paraguay beberapa hari lalu. 

Di samping itu, adanya perayaan Paskah juga membuat pemerintah memberlakukan kebijakan ini untuk mengurangi kegiatan warga di luar rumah, kerumuman dan perkumpulan massa. Pembatasan ini akan berlaku efektif hingga perayaan Minggu Paskah tanggal 4 April 2021.

Nantinya sirkulasi masyarakat akan dikurangi hanya untuk membeli kebutuhan dan obat-obatan. Maka hanya fasilitas umum seperti supermarket, apotek dan rumah sakit yang diperbolehkan buka dari pukul 05.00 pagi hingga 08.00 malam, dilansir dari Mercopress

Baca Juga: Presiden Paraguay Bertahan dari Upaya Pemakzulan Oposisi

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya