Paraguay: 2 Kandidat Pejabat Dibunuh Orang Tak Dikenal

Meningkatnya kasus kekerasan di Paraguay

Jakarta, IDN Times - Sebuah kejadian memilukan kembali terjadi di Paraguay, kali ini dua orang pejabat ditemukan tewas pada Kamis (30/9/2021). Diketahui dua orang tersebut ditembak oleh orang tak dikenal saat sedang berada kawasan pusat kota Nueva Germania, Departemen San Pedro. 

Sebelumnya, kasus kekerasan sudah beberapa kali terjadi di Paraguay, yang diduga terkait dengan kelompok pemberontak EPP (Ejército del Pueblo Paraguayo). Bahkan pada Agustus lalu, tiga orang personel militer Paraguay tewas akibat serangan bom. 

1. Korban pembunuhan merupakan calon legislatif dan pejabat dalam kementerian

Dua orang korban penembakan merupakan seorang kandidat legislatif kota, Bartolomé Morel Gauto dan seorang pejabat dalam lingkup Kementerian Pertanian dan Peternakan bernama Felipe Godoy Amarilla. Bahkan Morel diketahui sedang mencalonkan menjadi parlemen dalam pemilu lokal yang diselenggarakan tahun ini, dilansir dari The Rio Times

Sementara itu Felipe Godoy diketahui tewas ditempat sedangkan Morel meninggal dunia setelah dibawa ke rumah sakit Santa Rosa. Keduanya diketahui mendapatkan sejumlah luka tembakan pada beberapa bagian. 

Selain itu, terdapat orang ketiga yang bernama Andres Bogarin yang mengalami luka tembakan. Sedangkan kejadian ini berlangsung pada malam hari tepat pukul 22.30, pada rute 11 tepat di pusat kota Nueva Germania, dilansir dari ABC Color

2. Pelaku diduga merupakan pembunuh bayaran

Baca Juga: Argentina Desak Paraguay Usut Kematian 2 Anak Perempuan

Sementara itu, dua orang pejabat itu diduga dibunuh oleh pembunuh bayaran ketika berada di sebuah tempat makan. Pasalnya, sesampainya di tempat tersebut dua orang terduga pelaku yang menggunakan sepeda motor itu kemudian melakukan aksi penembakan kepada Morel dan Godoy, dan melarikan diri. 

Insiden ini juga menimbulkan pertanyaan dan kritikan terhadap Menteri Dalam Negeri Arnaldo Giuzzio yang seharusnya dapat menyelesaikan masalah ini. Hal ini terkait tingginya angka perampokan dan isu keamanan pada sejumlah wilayah di Paraguay, dilaporkan dari laman La Nacion

Padahal Bartolomé Morel yang sedang mencalonkan sebagai anggota legislatif, saat ini sedang gencarnya melakukan kampanye. Pasalnya, pada 10 Oktober mendatang akan dilangsungkan pemilu untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat di daerah, dikutip dari laman Swiss Info.  

3. Kasus pembunuhan calon legislatif ketiga di Paraguay

Kasus tewasnya dua orang pejabat ini menambah panjang daftar kasus pembunuhan pada calon pejabat daerah. Pasalnya, sebelum insiden pembunuhan ini, kasus serupa sudah terjadi di Itakyry dan Pedro Juan Caballero. 

Kasus pembunuhan pertama terjadi di Itakyry, Alto Parana menimpa calon legislatif bernama Carlos Aguilera pada Senin (20/9/2021). Sementara, pembunuhan kedua menyasar kandidat legislatif di kota perbatasan Brasil, Pedro Juan Caballero bernama Néstor Echevarría pada Kamis (30/9/2021). 

Padahal Echevarría saat itu sedang ditemani oleh beberapa orang, tetapi secara tiba-tiba terdapat seseorang dengan mengendarai sepeda motor menembakkan peluru ke arahnya. Tak lama kemudian, ia tewas dengan 40 peluru yang bersarang di tubuhnya, dilaporkan dari laman La Nacion

Dilansir dari Ultima Hora, seorang kandidat legislatif di Itakyry bernama Luis Acosta Fonseca kini sedang diinvestigasi lantaran diduga terlibat pembunuhan Carlos Aguilera. Namun, Acosta diketahui melarikan diri dan masih menjadi buronan hingga kini.

Baca Juga: Polisi Paraguay Tangkap Pria atas Kasus Penculikan Palsu

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya