Paraguay: Seorang Calon Wali Kota Selamat dalam Penembakan

Terjadi menjelang pemilu daerah

Jakarta, IDN Times - Seorang calon wali kota di Paraguay bernama Emiliano Nelson Cano Ozuna berhasil lolos dari maut pada Rabu (6/10/2021). Pasalnya, calon wali kota Hernandarias, Departemen Alto Parana itu sempat mengalami serangan penembakan yang hampir merenggut nyawanya. 

Kasus penembakan ini menambah panjang daftar ancaman pembunuhan terhadap calon pejabat di negara Amerika Selatan itu. Pada minggu lalu, seorang calon legislatif dan pejabat kementerian tewas ditembak oleh orang tak dikenal di Nueva Germania. 

1. Penembakan terjadi ketika ia mengemudi bersama anaknya

Insiden penembakan ini bermula ketika anak Cano Ozuna yang bernama Nelson Emiliano mengemudikan mobil bersamanya untuk mengecek suatu pekerjaan. Namun secara tiba-tiba mereka mendapatkan serangan dari beberapa orang tak dikenal.

Sementara itu, pelaku penembakan diketahui muncul dari area hutan yang langsung menembakkan setidaknya 10 peluru ke arah mobil mereka. Mereka berdua dapat lolos, setelah anaknya dengan cepat berhasil melajukan kendaraannya hingga menuju ke sungai. 

Setelah itu, Cano keluar dan menembakkan senjatanya ke udara dan meminta bantuan kepada tetangganya. Kemudian tetangganya keluar dan ikut menembakkan peluru yang membuat pelaku kabur menggunakan sepeda motor, dikutip dari The Rio Times

2. Cano sebut ini bukanlah percobaan pembunuhan

Baca Juga: Paraguay: 2 Kandidat Pejabat Dibunuh Orang Tak Dikenal

Dilansir dari Telam, insiden ini terjadi pada pagi hari pukul 06.00 waktu setempat, tepat di jalan pedesaan yang kerap disebut Cuatro Bocas di Colonia Paso Ita, Hernandarias. Bahkan, lokasi kejadian hanya berjarak beberapa meter dari properti milik Nelson Cano Ozuna. 

Meski sudah mendapat serangan, Cano berkata bahwa ini bukanlah merupakan percobaan pembunuhan dan tidak dilandasi motif politiik. "Saya tidak pernah melakukan tindakan kotor, saya tidak pernah melakukan tindakan aneh, saya tidak pernah merendahkan orang lain atau bertindak di luar tempatnya," ujar calon kepala daerah dari Partai Unidos por el Cambio.

Kantor Kejaksaan dan kepolisian Alto Parana sudah membuka investigasi terkai kasus percobaan pembunuhan ini. Bahkan, kasus ini terjadi hanya beberapa menjelang pemilihan umum daerah yang diselenggarakan pada Minggu (10/10/2021).

3. Terus berlanjutnya kasus kekerasan di Paraguay

Sementara itu, insiden serangan kali ini turut menambah panjang kejadian kekerasan di Paraguay dalam beberapa minggu terakhir. Bahkan, rentetan aksi pembunuhan dari orang tak dikenal ini terjadi menjelang diselenggarakannya pemilu daerah dan menyasar calon kepala daerah dan legislatif. 

Sebelum serangan pada Cano Ozuna, sudah ada tiga orang kandidat legislatif di Paraguay yang dibunuh. Kasus pertama menyerang Carlos Agulera di Itakyry dan tak berselang lama menimpa Nestor Echeverria di Pedro Juan Caballero. Sedangkan yang terakhir menyasar Bartolomé Morel Gauto di Nueva Germania, dilaporkan dari Telam.

Menanggapi aksi ini, Mendagri Arnaldo Guizzio mengungkapkan jika akan meningkatkan keamanan, terutama bagi kandidat dan pejabat di sejumlah daerah. Hingga kini aparat kepolisian sudah memberikan kriteria zona merah yang meliputi, Nueva Germania, Pedro Juan Caballero, Ciudad del Este dan Hernandarias. 

Nantinya, personel kepolisian juga akan ditambah dan dikerahkan untuk mengamankan jalannya pemilu daerah pada hari Minggu, dikutip dari ABC Color

Baca Juga: Paraguay: 2 Kandidat Pejabat Dibunuh Orang Tak Dikenal

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya