Paraguay: Serangan Bom Sebabkan Tiga Tentara Tewas

EPP kembali melakukan serangan

Asuncion, IDN Times - Jaksa Agung Paraguay Sandra Quiñónez pada Kamis (29/7/2021) mengatakan bahwa telah terjadi serangan bom yang ditujukan kepada personel milter. Sementara insiden serangan bom kali ini disebut didalangi oleh kelompok pemberontak sayap kiri EPP (Ejército del Pueblo Paraguayo). 

EPP sebelumnya sudah menculik mantan Wapres Paraguay Oscar Denis sejak September 2020 lalu. Bahkan hingga kini kabar keberadaan Denis masih belum diketahui dan keluarga menduga pemerintah tidak serius dalam melakukan pencarian. 

1. Pemboman menewaskan tiga personel militer

Pemboman yang terjadi di bagian utara Paraguay tersebut menyebabkan setidaknya tiga orang personel militer Fuerza de Tarea Conjunta (FTC) tewas. Pasalnya wilayah utara Paraguay dikenal sebagai basis utama dan wilayah aktif pasukan gerilya Tentara Rakyat Paraguay (EPP) yang sudah melakukan aksinya sejak 2008 silam. 

Menurut juru bicara FTC, Letnan Kolonel Luis Apesteguia mengatakan bahwa ketiga korban tersebut tewas ketika sebuah bom meledak ketika kendaraan yang ditumpangi anggota FTC melintasinya. Padahal personel gabungan Tentara Paraguay dan Polisi Paraguay itu sedang melakukan patroli sekitar area tersebut, dilansir dari The Rio Times

2. Truk yang meledak ditumpangi sembilan tentara

Baca Juga: Keluarga Mantan Wapres Paraguay Minta EPP Beri Bukti Penculikan

Dilaporkan dari El Periodico, Apesteguia mengatakan bahwa truk tersebut tengah membawa sembilan anggota militer yang sedang bertugas mengamankan jalan menuju ke Departemen Concepcion. Bahkan usai terjadi ledakan pasukan FTC tersebut membalas sejumlah tembakan yang diberikan oleh kelompok penyerang yang sudah menunggu. 

Saat ini, pasukan keamanan sudah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk mencari sejumlah orang yang melakukan pemboman di jalan yang berlokasi di Departemen San Pedro. Kantor Kejaksaan sudah membentuk tim penyelidik untuk ditugaskan dalam mengungkap insiden serangan kepada FTC kali ini. 

3. EPP diketahui mendapatkan dana dari penculikan dan pajak

Paraguay: Serangan Bom Sebabkan Tiga Tentara TewasAnggota Tentara Rakyat Paraguay (EPP). (twitter.com/InSightCrime)

Dikutip dari DW, Departemen San Pedro di utara Paraguay merupakan area aktif gerilya EPP dalam melakukan aksinya. Kelompok EPP sebelumnya  dan bahkan kelompok itu telah melakukan aksi penculikan kepada sejumlah warga sipil dan bahkan menculik mantan Wakil Presiden Óscar Denis pada tahun lalu. 

Pasalnya EPP selama ini mendapatkan pendanaan dari tindakan penculikan dan menetapkan pajak revolusioner bagi sejumlah pebisnis peternakan dan pertanian di wilayah utara Paraguay. Di sisi lain, aksi ini bukanlah satu-satunya serangan EPP kepada militer Paraguay, pada 2016 lalu, gerilya tersebut sudah melakukan serangan yang menewaskan delapan tentara. 

Baca Juga: Pemerintah Paraguay Dikritik Soal Penculikan Mantan Wakil Presiden

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya