Partai Buruh Berhasil Menangkan Pemilu di Saint Lucia 

Kemenangan telak partai sayap kiri Saint Lucia

Castries, IDN Times - Pemerintah Saint Lucia menggelar pemilihan umum parlementer pada hari Senin (26/7/2021). Pada pemilihan umum kali ini negara kecil di sebelah timur Karibia itu akan menentukan anggota legislatif beserta perdana menteri. 

Sementara dalam pemilu kali ini, calon petahana Allen Chastanet akan kembali bertarung untuk kembali memerintah negara persemakmuran Inggris yang berpenduduk 183 ribu tersebut pada periode kedua. 

1. Pertarungan antara Partai UWP (United Workers Party) dan SLP (Saint Lucia Labour Party)

Pemerintah Saint Lucia resmi mengadakan pemilihan umum pada Senin (26/7/2021) yang menentukan anggota parlemen dan perdana menteri di negaranya. Bahkan dalam pemilu kali ini petahana Allen Chastanet juga kembali mencalonkan setelah pada 2016 lalu usai partainya berhasil memperoleh 11 dari 17 kursi parlemen.

Sementara itu, pada pemilu kali ini Chastanet dari Partai UWP (United Workers Party) akan ditantang partai oposisi SLP (Saint Lucia Labour Party). SLP dalam pemilu kali ini akan menunjuk seorang mantan deputi perdana menteri bernama Phillip Pierre yang menggantikan kandidat sebelumnya Kenny Anthony, dilansir dari EFE.

Pemilu Saint Lucia kali ini juga akan diikuti lebih dari 160 ribu penduduk yang memiliki hak pilih. Sedangkan organisasi CARICOM (Caribbean Community, the Organization of American States) juga hadir sebagai pengamat jalannya pemilu di Saint Lucia tahun ini, dikutip dari Prensa Latina

2. Partai SLP berhasil menang telak atas UWP

Baca Juga: Protes Terkait Pemilu, Anggota Demokrat AS Ditangkap Polisi

Dilaporkan dari Prensa Latina, Partai SLP yang dipimpin Philip Pierre berhasil memenangkan pemilu kali ini dan menggagalkan upaya Perdana Menteri Allen Chastanet untuk kembali memerintah. Bahkan Partai UWP yang dipimpin Chastanet kini hanya mampu memperoleh dua kursi anggota parlemen. 

Hasil pemilu yang diumumkan Selasa (28/7/2021) menunjukkan hasil yang mengejutkan lantaran perolehan suara begitu timpang, bahkan partai oposisi SLP berhasil mendapat 13 dari 17 kursi anggota parlemen. Sementara sisanya didapat oleh kandidat independen, termasuk salah satunya mantan Perdana Menteri Stevenson King. 

3. PM Allen Chastanet mengucapkan selamat kepada Philip Pierre

Dikutip dari St Lucia Times, mendengar kabar kekalahan dalam pemilu, PM Allen Chastanet justru mengucapkan selamat kepada Philip J. Pierre yang terpilih untuk memimpin Saint Lucia dalam lima tahun ke depan. Bahkan Chastanet juga mengucapkan harapannya kepada SLP agar dapat melakukan yang terbaik bagi negara. 

Di samping itu, Allen Chastanet juga menyatakan terima kasihnya kepada seluruh pendukung dari UWP yang selama ini mendukung pemerintahannya selama lima tahun ini. Ia juga berkata bahwa, "Kita harus tetap fokus dan kuat. Inilah UWP."

Sementara itu, Pemerintah Venezuela di bawah Nicolas Maduro juga sudah mengucapkan selamat atas kemenangan partai sayap kiri Saint Lucia tersebut. Maduro juga mengungkapkan keinginannya untuk mempererat relasi dan hubungan bilateral terkait integrasi regional, dilansir dari Sputnik News

Baca Juga: Eric Adams Wakili Demokrat di Pemilu Regional New York City

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya