Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021

Sebabkan banjir hingga kekeringan

Fenomena alam memang terjadi setiap tahunnya dan sudah melanda seluruh belahan dunia. Namun, terdapat fenomena alam ekstrem yang diakibatkan oleh perubahan iklim dan anomali cuaca yang terus berlangsung dalam beberapa tahun terakhir.

Sepanjang tahun 2021 ini sudah terjadi beberapa peristiwa fenomena alam yang mencengangkan. Pasalnya, fenomena tersebut jauh melenceng dari situasi normal yang berlangsung dalam jangka waktu lama, sehingga dianggap aneh dan mengejutkan. 

Menilik fenomena alam yang terjadi belakangan ini, maka kita dapat melihat bagaimana perubahan iklim telah berdampak pada kehidupan kita semua. Berikut kesepuluh potret fenomena alam langka yang terjadi sepanjang tahun 2021. 

1. Kekeringan di Chile dan Meksiko yang disebut terparah dalam beberapa dekade terakhir

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Kekeringan yang terjadi di Meksiko sejak awal tahun 2021. (twitter.com/GOMexicoDaily)

2. Fenomena hujan salju di Bolivia, Peru, Brasil dan Afrika Selatan yang jarang terjadi

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Hujan salju di Potosi, Bolivia pada bulan Agustus 2021. (twitter.com/ovarioV)

3. Gelombang panas di Amerika Serikat dan Kanada yang melampaui 50 derajat celcius akibatkan ratusan penduduk tewas

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Dua orang yang sedang membawakan bantuan minuman di saat terjadi gelombang panas di pesisir timur Kanada dan AS pada Agustus 2021. (twitter.com/ajplus)

4. Gelombang panas di Rusia dan Skandinavia, dengan temperatur lebih dari 30 derajat celcius

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Suasana sungai di Finlandia saat terjadinya gelombang panas pada Agustus 2021. (twitter.com/RonanBrownen)

5. Kebakaran hutan bertubi-tubi di Spanyol, Italia, Yunani dan Aljazair sepanjang musim panas

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Suasana kebakaran hutan besar di Yunani. (twitter.com/ajplus)

Baca Juga: Waduh! Kasus Omicron di Jerman Telan Korban Jiwa

6. Banjir besar melanda Jerman dan sebagian Belgia yang menelan lebih dari 200 korban jiwa

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Banjir besar yang menenggelamkan rumah di North Rhine-Westphalia, Jerman. (twitter.com/BiharFraternity)

7. Banjir bandang dan tanah longsor di British Columbia, Kanada yang menenggelamkan satu kota

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Tanah longsor di British Columbia, Kanada pada Minggu (14/11/2021). (twitter.com/ccdacre)

8. Peristiwa Badai Ida di Kentucky, Amerika Serikat yang menewaskan 91 orang

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Kerusakan yang ditimbulkan Badai Ida di Kentucky, Amerika Serikat. (twitter.com/FireSafetyNYC)

9. Kolapsnya Gletser Thwaites di Antarktika yang diduga dipicu fenomena global warming

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Pemandangan gletser Thwaites dari udara. (twitter.com/ajplus)

10. Fenomena kekeringan panjang di Kenya sebabkan matinya ratusan hewan ternak dan mengancam pertanian

Penuh Anomali Cuaca, 10 Potret Fenomena Alam Sepanjang 2021Suasana kekerangan parah di Kenya. (twitter.com/allafrica)

Fenomena alam akibat perubahan iklim memang tidak dapat diprediksi dan terjadi begitu saja tanpa disadari. Bahkan, fenomena alam akibat perubahan iklim sudah berlangsung dan berdampak secara langsung pada kehidupan kita semua. 

Namun, kejadian ini bisa mengingatkan kembali akan kondisi lingkungan saat ini. Meskipun, tak semuanya berdampak buruk. Akan tetapi, kita dapat mengurangi dampak tersebut dengan menerapkan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. 

Baca Juga: Kenya Tangguhkan Aturan Wajib Sertifikat Vaksinasi COVID-19

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya