Pedro Sanchez jadi Perdana Menteri Spanyol gantikan Mariano Rajoy

Digantikan oleh Tokoh Partai Sosialis (PSOE) Spanyol

Madrid, IDN Times - Setelah lengsernya Mariano Rajoy pada jumat (1/6/2018) kemarin, Spanyol mengumumkan perdana menteri baru mereka, Pedro Sanchez, yang merupakan tokoh dari Partai Sosialis Spanyol (PSOE).

Pedro Sanchez terpilih menjadi perdana menteri setelah dilakukannya mosi tidak percaya, yang diikuti oleh 350 anggota parlemen, dengan hasil 180 berbanding 169 dan terdapat satu anggota absen.

1. Lengsernya Mariano Rajoy

Pedro Sanchez jadi Perdana Menteri Spanyol gantikan Mariano Rajoytelegraph.co.uk/

Mariano Rajoy yang telah menjabat sebagai perdana menteri Negeri Matador selama tujuh tahun, dan mampu mengeluarkan Spanyol dari krisis ekonomi tahun 2012, akhirnya harus lengser.

Lengsernya Mariano Rajoy disebabkan menurunnya kredibiltas Rajoy menyusul adanya skandal korupsi yang menyangkut anggota Partai Rakyat (PP), Luis Barcenas selaku bendahara partai yang telah divonis 33 tahun penjara, dilansir dari Dw.com.

2. Pedro Sanchez sebelumnya merupakan profesor bidang Ekonomi

Pedro Sanchez jadi Perdana Menteri Spanyol gantikan Mariano Rajoythelocal.es

Sanchez (46) sebelumnya merupakan profesor ekonomi yang mengenyam ilmu ekonomi dan bisnis dari Complutense University of Madrid dan mendapatkan gelar master di University of Brussels.

Setelah itu ia bergabung menjadi anggota Partai Sosialis, sejak tahun 1993 dan sempat menjadi Kepala Staff Perwakilan Tinggi PBB untuk Bosnia saat pecahnya Konflik Kosovo, dilansir dari Theguardian.com.

3. Berjanji untuk memberantas korupsi

Pedro Sanchez jadi Perdana Menteri Spanyol gantikan Mariano Rajoyelpais.com

Pada pidato pertama Sanchez, dikutip dari Time, mengumumkan jika ia akan memberantas korupsi menyangkut Partai Rakyat, dan membantu rakyat yang terkena imbas dari pemotongan belanja publik yang dilakukan oleh Perdana Menteri sebelumnya, Mariano Rajoy.

Selain itu Sanchez akan menghadapi krisis politik di Catalonia yang mengumumkan referendum sepihak, dan berjanji untuk membicarakan lebih lanjut masalah ini dengan Quim Torra, pemimpin Catalonia.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya