Comscore Tracker

Rapper Remaja Swedia Ditembak Mati Kelompok Geng Kriminal

Einar termasuk musisi berbakat peraih penghargaan

Jakarta, IDN Times - Seorang rapper asal Swedia bernama Einar tewas ditembak mati pada Kamis (21/10/2021) sore. Namun, pihak kepolisian masih belum mengetahui motif di balik serangan ini dan mengakibatkan tewasnya musisi remaja yang pernah peraih penghargaan tersebut. 

Kasus pembunuhan Einar ini juga menjadi pertanda semakin tingginya kekerasan dari sejumlah geng kriminal di Swedia. Sebelumnya, dua orang rapper juga dijatuhi hukuman penjara lantaran terbukti ikut bersekongkol untuk menculik dan menyiksa Einar. 

1. Einar ditembak beberapa kali di Hammarby Sjostad

Kabar tewasnya rapper bernama lengkap Nils Kurt Erik Einar Grönberg itu telah menggegerkan publik Swedia. Pasalnya, Einar dikenal sebagai musisi berbakat yang masih begitu belia dan sudah memulai debutnya dalam industri hiburan sejak usia 16 tahun. 

Sementara itu, lokasi penemabakan yang menimpa rapper muda itu terjadi tak jauh dari sebuah apartemen di Hammarby Sjostad, area pinggiran Stockholm bagian selatan. Sedangkan aksi penembakan dilakukan tepat sebelum pukul 11 malam, tapi ia sudah tidak dapat ditolong. 

Bahkan, berdasarkan keterangan dari kepolisian menyebutkan jika terdapat beberapa luka tembakan di dalam tubuhnya. Dugaan sementara menyebutkan bila aksi ini diduga didalangi oleh geng kriminal, dilansir dari DW

2. Einar sudah pernah diculik dan disiksa oleh sesama rapper

Baca Juga: Swedia Beri Perintah Penangkapan Terduga Pelaku Pengeboman

Dilaporkan dari CNN, Einar pada tahun lalu juga sudah pernah mengalami insiden penculikan dan disiksa oleh sekelompok geng kriminal asal Stockholm. Bahkan, insiden ini membuat puluhan orang termasuk di antaranya rapper Yasin Byn dipenjara selama 10 bulan lantaran terlibat dalam kasus memilukan ini. 

Einar diketahui sebagai pemenang penghargaan musik di Swedia, termasuk Grammy Swedia. Selain itu, ia dikenal luas lantaran membuat sejumlah lagu mengenai aksi kriminalitas, narkoba dan senjata. 

Di sisi lain, sebagai seorang remaja 16 tahun, Einar mampu tenar setelah ia memposting lagu buatannya di sosial media. Lagunya mulai dikenal luas pada tahun 2019, ketika ia merilis lagu Katten i trakten, yang berhasil memuncaki tangga lagu di negara Skandinavia itu, dikutip dari DW

3. Aktivitas geng kriminal di Swedia meningkat signifikan

Rapper Remaja Swedia Ditembak Mati Kelompok Geng KriminalSejumlah polisi Swedia saat mengamankan TKP kriminal. (twitter.com/CameronwMMA)

Dikutip dari Associated Press, Swedia dalam beberapa tahun belakangan ini tengah dihantui meningkatnya aktivitas dari kelompok organisasi kriminal. Beberapa kasus penembakan kerap terjadi di Swedia, terutama di Stockholm, Goteborg dan Malmo. 

Pada Juli, dua anak kecil tertembak oleh sejumlah geng kriminal di area pinggiran kota Stockholm. Sedangkan pada Agustus lalu, tiga orang terluka lantaran terkenal tembakan di bagian selatan Kota Kristianstad yang juga terkait dengan aktivitas geng. 

Berdasarkan laporan dari Dewan Nasional Swedia untuk Penanggulangan Kriminal berkata bahwa tahun ini Swedia menjadi satu-satunya negara Eropa dengan angka penembakan yang meningkat secara signifikan sejak tahun 2000 dan semuanya terkait dengan aktivitas geng kriminal. 

Baca Juga: Akankah Magdalena Andersson Jadi PM Wanita Pertama Swedia?

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya