Comscore Tracker

Ribuan Orang Gelar Aksi Demo Atas Hasil Pemilu di Kyrgyzstan

Anggap tuduhan vote buying dalam pemilu

Bishkek, IDN Times - Ribuan orang turun ke jalan di Kota Bishkek untuk memprotes hasil terakhir pemilihan umum di Kyrgyzstan. Selain di Ibukota Bishkek, terdapat sejumlah demonstrasi kecil yang terjadi di kota lainnya di negara pecahan Uni Soviet ini. 

Pengunjuk rasa menolak hasil pemilihan umum parlementer yang digelar pada hari Minggu (04/10). Sedangkan hasil pemilu tersebut hanya menunjukkan empat partai yang dapat masuk ke kursi legislatif, termasuk di antaranya dua partai pro pemerintah. 

1. Demo berasal dari pendukung partai yang tidak dapat jatah kursi legislatif

Pada hari Senin (05/10) para demonstran yang berjumlah sekitar 1000 orang membanjiri jalanan Kota Bishkek, Kyrgyzstan untuk menuntut hasil pemilihan umum. Pendemo berasal dari pendukung partai-partai yang suaranya tidak mencukupi, sehingga tidak mendapatkan kursi legislatif dalam pemerintahan, dikutip dari Sputnik

Pengunjuk rasa yang berkumpul di Lapangan Ala Too tersebut menuntut revisi hasil pemilu yang berlangsung hari Minggu lalu. Mereka juga menuduh pemerintah dengan sengaja merekayasa hasil pemilu dan adanya praktek jual beli suara. 

2. Demonstrasi yang berlangsung di Bishkek berujung ricuh 

Baca Juga: Rusia Gelar Latihan Militer Terbesar di Kaukasus

Merespon demonstrasi yang terjadi, pemerintah menerjunkan 500 aparat yang dilengkapi dengan tameng dan pelindung untuk mengamankan situasi. Namun kericuhan terjadi pada sore hari ketika pihak kepolisian berusaha membubarkan demonstran secara paksa dengan water cannon dan gas air mata. 

Akibat bentrokan antara aparat kepolisian dan demonstran setidaknya menyebabkan 120 orang pendemo terluka. Bahkan beberapa diantaranya mengalami luka parah dan harus dilarikan ke rumah sakit, dilansir dari BBC

Setelah sempat bubar, massa kemudian kembali berkumpul dan berhasil menerobos masuk ke dalam gedung parlementer di Bishkek. Hal tersebut yang membuat polisi geram dan melakukan respon kepada para pendemi. 

3. President Jeenbekov akan lakukan pertemuan dengan seluruh partai

Ribuan Orang Gelar Aksi Demo Atas Hasil Pemilu di KyrgyzstanPresiden Kyrgyzstan, Sooronbai Jeenbekov saat mengadakan pertemuan. twitter.com/Jeenbekov58/

Melansir dari BBC, Presiden Kyrgyzstan, Sooronbai Jeenbekov langsung mengintruksikan jajarannya untuk mengadakan pertemuan pada hari Selasa pagi dengan ketua dari 16 partai di negara tersebut.  

Selain itu, 12 partai yang gagal dalam pemilu sudah menandatangani dokumen penolakan hasil pemilu tersebut. Kemudian salah satu partai pemenang, Birimdik juga menyetujui pemilu ulang dan akan memaksa partai pemenang lainnya untuk menyetujui pemilu ulang, dilansir dari The New York Times

Baca Juga: Infeksi COVID-19 Melonjak di Rusia, Kremlin Tak Ingin Lockdown

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya