Comscore Tracker

Rusuh Antar Tahanan Terjadi di Penjara Vladikavkaz, Rusia

Kerusuhan melibatkan 600 tahanan

Jakarta, IDN Times - Kasus kerusuhan antar tahanan terjadi di penjara Rusia, tepatnya di Kota Vladikavkaz pada Jumat (15/10/2021). Bahkan bentrokan kali ini diketahui melibatkan ratusan tahanan yang diduga akibat adanya pengetatan aturan dari pihak administrasi penjara. 

Beberapa waktu lalu, publik Rusia juga digemparkan dengan aksi kekerasan yang dilakukan pihak sipir penjara. Bahkan, mereka disebut melakukan aksi pemerkosaan dan kekerasan fisik terhadap beberapa tahanan. 

1. Kerusuhan sebabkan rusaknya sejumlah fasilitas dalam penjara

Kerusuhan dalam penjara di Vladikavkaz, Republik Ossetia Utara-Alania kali ini diketahui dilakukan oleh sebanyak 200 hingga 600 tahanan. Sedangkan penyebab utama bentrokan dan kekerasan ini akibat adanya konflik antara sejumlah tahanan dan pihak administrasi penjara. 

Bahkan dalam kasus ini, ratusan tahanan yang terlibat aksi kerusuhan telah merusak setidaknya pintu penjara dalam satu koridor, kamera pengawas dan barikade yang didirikan di dalam bangunan. 

Sementara itu, berdasarkan rekaman video yang berhasil diliput dan tersebar luas di dunia maya menunjukkan sejumlah beberapa mobil polisi dan truk berlapis baja yang masuk ke area penjara itu, dikutip dari laman RT

2. Situasi penjara berhasil dikendalikan oleh aparat kepolisian

Baca Juga: Ancam Kedaulatan, Rusia Usir Kapal Perang AS

Dilansir dari TASS, kerusuhan yang terjadi di penjara kali ini diprovokasi oleh dua orang tahanan di tengah pengawasan harian. "Hari ini, pengawasan dilakukan di koloni 1 di Vladikavkaz, di mana perlawanan dilakukan oleh tahanan yang sedang menjalani hukumannya. Dua tahanan dalam unitnya menolak untuk mematuhi aturan" ujar Badan Penjara Federal. 

Menurut pihak otoritas penjara menuturkan bahwa, mereka berusaha untuk membuat situasi penjara tidak stabil terutama di koloninya dan memanggil tahanan lain untuk membuat onar. "Keduanya meneriakkan kata-kata provokasi, lalu tahanan lainnya menggunakan alat seadanya untuk merusak pagar di area tersebut dan merusak kamera pengawas" tambahnya. 

Sementara itu, pihak kepolisian yang datang ke lokasi kejadian disebut sudah berhasil mengamankan penjara dan mengatakan jika semuanya sudah dalam kendali normal, dilaporkan dari RT

3. Penjara di Rusia kerap digemparkan dengan aksi kerusuhan

Dilaporkan dari RFE/RL, menurut keterangan dari seorang kerabat dari tahanan di penjara itu mengatakan jika kejadian ini disebabkan adanya pengetatan aturan. Sedangkan dari sumber Baza Telegram menyebut apabila protes terjadi lantaran sipir melakukan intervensi konflik antar dua tahanan. 

Di samping itu, sejumlah tahanan di penjara Rusia selama ini diketahui kerap terlibat dalam kerusuhan dan bentrokan. Bahkan tak jarang, para tahanan berusaha untuk melukai diri mereka sendiri untuk mencari perhatian atau menimbulkan masalah. 

Baca Juga: Rusia Uji Coba Vaksin COVID-19 Versi Semprotan Hidung

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya