Comscore Tracker

Sebuah Insiden Terjadi di Reaktor Nuklir Olkiluoto, Finlandia

Kembali terjadi insiden di reaktor nuklir

Helsinki, IDN Times - Sebuah reaktor nuklir di Finlandia terpaksa ditutup pada hari Kamis (11/12) terkait adanya peningkatan radiasi dalam PLTN. Penyebab meningkatnya tingkat radioaktif dalam PLTN Olkiluoto yang terletak di sebelah barat Finlandia ini disebabkan insiden pada salah satu unit reaktor. 

Meskipun adanya insiden peningkatan radiasi di dalam PLTN Olkiluoto tapi pihak regulator nuklir di Finlandia mengungkapkan apabila situasi tetap terkendali dan dipastikan tidak ada radiasi yang lepas ke lingkungan sekitar, dikutip dari RT

1. Peningkatan radiasi dari reaktor nomor dua

Pada hari Kamis (10/12) telah terjadi sebuah insiden di PLTN Olkiluoto yang menyebabkan meningkatnya tingkat radiasi dalam ruangan pembangkit listrik tersebut. Menurut keterangan dari International Atomic Energy Agency (IAEA) mengatakan apabila peristiwa ini terjadi pada reaktor nuklir unit dua yang terletak di pulau Olkiluoto tersebut, dikutip dari RT

Selain itu otoritas kemanan radiasi nuklir Finlandia, STUK juga menjelaskan apabila peningkatan radiasi terjadi pada pukul 13.00 waktu setempat. Kejadian ini diketahui melalui sistem pendeteksi otomatis apabila adanya peningkatan radioaktif pada sistem pipa pendingin, dilansir dari Daily Sabah

2. Tidak berbahaya bagi lingkungan dan manusia

Baca Juga: Mengenal Sosok Fakhrizadeh, Ilmuwan Nuklir Iran yang Terbunuh

Melansir dari Daily Sabah, otoritas pengawas keamanan nuklir di Finlandia, STUK mengatakan apabila semuanya sudah terkendali dan dipastikan tidak ada kebocoran radiasi ke alam bebas. Melalui sebuah wawancara ia menyatakan, "

"Tidak ada ancaman bagi lingkungan dan manusia dari insiden yang terjadi di unit dua Olkiluoto yang ada di sebelah barat Finlandia"

"Kini situasi sudah stabil dan PLTN sudah aman, setelah tingkat radiasi sudah kembali normal. Sebelumnya tidak pernah ada kejadian seperti ini di Finlandia"

3. Masih dilakukan penyelidikan lebih lanjut

Insiden di PLTN Olkiluoto pada reaktor unit 2 ini cukup menganggetkan banyak pihak karena baru pertama kalinya terjadi sejak berdiri pada tahun 1980. Selain itu pihak STUK juga masih menyelidiki lebih lanjut penyebab peningkatan radiasi radioaktif pada salah satu reaktor PLTN tersebut. 

Melansir dari Reuters, PLTN Olkiluoto yang memiliki kapasitas hingga mencapai 890 megawatt ini nantinya akan tetap diberhentikan beroperasi untuk sementara hingga hari Sabtu (12/12). Pihak investigator mengatakan bila insiden ini kemungkinan disebabkan adanya kontaminasi pada sistem penyaring saat mencapai sistem pendingin. 

Baca Juga: Bikin Merinding! 13 Potret Chernobyl Pascaledakan Reaktor Nuklir

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya