Seniman Oposisi Kuba Diperbolehkan Keluar dari RS

Setelah dirawat satu bulan di rumah sakit

Havana, IDN Times - Seorang aktivis oposisi dan seniman Kuba bernama Luis Manuel Otero Alcantara akhirnya dibebaskan setelah dirawat di sebuah rumah sakit di Havana. Ia mendapatkan perawatan setelah mengikuti aksi mogok makan demi menuntut kebebasan berpendapat di Kuba. 

Bahkan setelah dibebaskan dari rumah sakit, ia masih berencana untuk kembali memperjuangkan kebebasan berpendapat dan berekspresi di Kuba untuk melawan rezim otoriter di negara Komunis tersebut. 

1. Otoritas Kuba menyebut Otero Alcantara sudah pulih

Pada hari Senin (31/05/2021) seorang aktivis oposisi dan seniman bernama Luis Manuel Otero Alcantara akhirnya diperbolehkan meninggalkan Rumah Sakit Universitas Jenderal Calixto García di Havana. Pemimpin Pergerakan San Isidro (MSI) tersebut telah dirawat di rumah sakit selama empat minggu usai melakoni aksi mogok makan. 

Menurut pihak medis dari Rumah Sakit Universitas Jenderal Calixto García mengatakan bahwa Otero Alcantara sudah mendapatkan perawatan terbaik dan memutuskan untuk memperbolehkannya pulang, setelah perawatan multidisiplin diterima dan akan segera pulih sepenuhnya, dilansir dari On Cuba News

2. Mendapat ketidakadilan saat dirawat di rumah sakit

Baca Juga: Kolombia Berikan Persona Non Grata Kepada Diplomat Kuba

Dikutip dari DW, Otero Alcantara mengatakan jika selama 15 hari dirawat di rumah sakit, ia mendapatkan ketidakadilan terkait kabar kepulihannya. Bahkan ketika diopname di rumah sakit, lampu kamarnya harus dinyalakan selama 24 jam dan terdapat tiga penjaga yang menjaganya agar tak keluar dari ruangan serta tidak diperkenankan membawa ponsel. 

Meskipun begitu, Otero Alcantara juga mengucapkan terima kasih kepada pekerja kesehatan yang menanganinya. Sementara itu, pihak otoritas kesehatan di Kuba juga sempat mengunggah video yang menunjukkan bahwa dirinya dalam keadaan sehat saat awal perawatannya. 

3. MSI menyebut Otero Alcantara dibawa secara paksa ke rumah sakit

Seniman Oposisi Kuba Diperbolehkan Keluar dari RSKelompok seniman yang melakukan aksi solidaritas bagi Otero Alcantara. (twitter.com/voiceofcanf)

Otero Alcantara beserta beberapa aktivis pro demokrasi sempat melakukan aksi protes dengan mogok makan selama delapan hari. Namun pihak MSI mengklaim bahwa Otero Alcantara dibawa ke rumah sakit secara paksa dan pihak kesehatan Kuba memberikan informasi yang membingungkan terkait kondisinya.

Bahkan dalam bentuk solidaritas, sebanyak 20 seniman di Kuba meminta bahwa hasil pekerjaannya di Museum Seni Rupa di Havana disembunyikan dari publik. Namun hal tersebut ditolak oleh pihak museum lantaran tidak sesuai kepentingan publik, dilansir dari laman France24

Sebelumnya Otero Alcantara yang menjadi pemimpin dari gerakan MSI untuk mengumpulkan seniman dan kaum intelektual demi mendorong kebebasan berpendapat dan hak asasi manusia. Namun Pemerintah Komunis Kuba menyebut bahwa pemrotes tersebut didukung dan didanai oleh Amerika Serikat, dikutip dari DW

Baca Juga: Raul Castro Undur Diri dari Pemimpin Partai Komunis Kuba

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya