Comscore Tracker

Spanyol Minta UE Buka Blokir Perdagangan

Tingkatkan kerja sama dengan Amerika Latin

Madrid, IDN Times - Pemerintah Spanyol tengah meminta kepada Uni Eropa agar tidak melakukan blok perdagangan dengan Mercosur. Hal ini disebut untuk meningkatkan kerja sama antara Eropa dan Amerika Latin mengingat makin tingginya kerja sama negara Amerika Latin dengan China. 

Meski sudah adanya diplomasi antara Uni Eropa dan Amerika Latin selama beberapa tahun lamanya. Namun perjanjian tersebut masih belum terwujud terkait dengan beberapa masalah.  

1. PM Spanyol minta pembukaan kerja sama UE dan Mercosur

Spanyol Minta UE Buka Blokir PerdaganganPerdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez saat menghadiri pertemuan Ibero-America di Andorra. (twitter.com/sanchezcastejon)

Pada hari Senin (03/05/2021) Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menghubungi langsung kepala Komisi Eropa Ursula von der Leyen untuk membuka kerja sama antara Uni Eropa dan Mercosur. Tujuan dari kerja sama tersebut agar Eropa kembali melirik Amerika Latin sebagai mitra besarnya. 

Mercosur merupakan salah satu kerja sama perdagangan antara negara Amerika Selatan, meliputi Brasil, Argentina, Uruguay dan Paraguay. Di samping itu, Sanchez juga menekankan untuk meningkatkan pakta kerja sama dengan Meksiko dan Chile yang berada di luar Mercosur, dikutip dari El Pais

2. Adanya pemblokiran kerja sama Mercosur terkait isu lingkungan

Sebelumnya sudah ada negosiasi antara Mercosur dengan Uni Eropa selama 20 tahun lamanya, tapi negosiasi justru ditutup pada pertengahan 2019 lalu. Padahal apabila kerja sama tersebut disetujui akan menjadi perjanjian terbesar yang disetujui Eropa dan memberikan akses pasar pada 265 juta orang dan mengurangi batasan pajak secara berkala dalam periode 10 tahun. 

Sementara pemblokiran perjanjian diprakarsai oleh Prancis lantaran terkait dengan isu lingkungan dengan perlindungan pertanian. Negara-negara Eropa lain seperti Austria, Belanda, Belgia, Irlandia serta Jerman menolak lantaran masalah penebangan hutan di Amazon. Sedangkan perjanjian dengan Meksiko dan Chile masih terhambat oleh masalah teknis, dilansir dari El Pais

Baca Juga: 5 Ribu Orang Spanyol ke Konser Tanpa Masker dan Jaga Jarak, Hasilnya?

3. Menlu Spanyol akan berkunjung ke Brasil dan Paraguay

Spanyol Minta UE Buka Blokir PerdaganganMenlu Spanyol, Arancha Gonzalez Laya dan Menlu Kolombia, Claudia Blum saat berkunjung ke Kukuta, Kolombia. twitter.com/CancilleriaCol/

Menyusul upaya kerja sama antara blok Amerika Selatan tersebut dengan Eropa, maka Menteri Luar Negeri Spanyol Arancha González Laya akan melakukan kunjungan ke Brasil dan Paraguay dalam minggu ini. Sebelumnya Menlu yang baru saja menjabat selama satu tahun itu sudah melakukan kunjungan ke berbagai negara, bahkan ia juga sempat mengunjungi imigran Venezuela di Kolombia.

Nantinya Arancha González Laya dijadwalkan berkunjung ke Brasilia pada Kamis (05/05/2021) dan berlanjut ke Asuncion pada Jumat (06/05/2021). Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara Spanyol dengan Brasil dan Paraguay, serta memrioritaskan pengesahan perjanjian Uni Eropa dan Mercosur, dilaporkan dari Infobae. 

Baca Juga: Bunuh dan Makan Ibunya, Pria Spanyol Dituntut 15 Tahun

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya