Comscore Tracker

Terkait Kasus Korupsi, Meksiko Gugat Eks Menteri Keamanan

Luna sempat diduga membantu El Chapo

Jakarta, IDN Times - Unit Inteljien Finansial Meksiko (UIF) pada Selasa (21/9/2021) telah melayangkan gugatan kepada mantan Menteri Keamanan Meksiko Genaro Garcia Luna. Hal ini dikarenakan Garcia Luna diduga terkait dengan kasus pencucian uang dan korupsi dari kontrak ilegal yang dilakukan perusahaan yang dikelolanya. 

Sejak tahun 2019, Luna sudah ditahan di Amerika Serikat dan sempat diadili terkait hubungannya dengan El Chapo Guzman. Namun, pada akhir tahun lalu, Meksiko berniat untuk mengekstradisi Luna kembali ke negaranya. 

1. Terdapat 39 perusahaan yang diduga dimiliki oleh Genaro Garcia Luna

Gugatan dari Meksiko ini dilayangkan setelah FIU menemukan sebanyak 39 perusahaan yang berhubungan dengan Luna dan sejumlah properti milik mantan Menteri Keamanan Meksiko itu. Sementara, gugatan ini diberikan kepada Pengadilan Miami, yang menjadi lokasi aset dan properti yang berhubungan dengan pencucian uang berada. 

"Telah ditemukan 39 perusahaan yang diduga dimiliki Genaro Garcia Luna dan rekannya atau kerabatnya. Menurut klaim yang beredar, properti dan aset yang jumlahnya cukup signifikan itu berada di Florida dan pemilik properti itu mendapatkan uang dari skema kontrak ilegal" sesuai laporan dari FIU. 

Sementara itu, sumber-sumber yang digunakan oleh Garcia Luna untuk pembelian aset ini diduga berasal dari kontrak ilegal dalam sektor Keamanan Nasional dan Pertahanan Meksiko, dilansir dari Infobae

2. Luna sempat dituding menerima uang suap dari El Chapo Guzman

Baca Juga: Meksiko Ekstradisi Mantan Anggota Gerilya FPMR ke Chile

Dilansir dari Reuters, Genaro Garcia Luna merupakan seorang Sekretaris Keamanan Meksiko antara tahun 2006 hingga 2012. Sebelumnya, ia menjabat sebagai kepala Badan Investigasi Federal Meksiko dari tahun 2001 hingga 2005. 

Selama ini, Kejaksaan Amerika Serikat selalu menduga Kartel Sinaloa menyuap Garcia Luna selama masa kepemimpinannya. Pasalnya, ini dilakukan agar menjamin keamanan pengiriman narkoba, mendapatkan informasi dari seteru kartel lainnya dan mempelajari bagaimana Meksiko melakukan penyidikan terhadap aktivisnya. 

Meski begitu, Genaro Garcia Luna yang telah diadili tahun lalu di Amerika Serikat terbukti tidak bersalah dan tidak memiliki kaitan dengan kasus penyelundupan narkoba dan suap jutaan dolar yang diduga dilakukan oleh bos Kartel Sinaloa, Joaquin El Chapo Guzman. 

3. Luna sudah ditangkap di Dallas sejak tahun 2019

Dilaporkan dari BBC, penangkapan Garcia Luna di Dallas pada tahun 2019 lalu cukup mengejutkan seluruh publik Meksiko. Pasalnya, banyak pihak yang tidak menduga bahwa Luna yang selama ini memiliki pengaruh yang cukup besar bagi masyarakat Meksiko bisa terlibat dalam persidangan terkait dengan pemimpin Kartel Sinaloa, El Chapo Guzman. 

Sedangkan dugaan keterlibatan Garcia Luna dengan El Chapo sesuai dengan keterangan dan bukti dari mantan anggota Kartel Sinaloa bernama El Rey Zambada. Ia menyebutkan jika dirinya sendiri yang mengantarkan dua koper berisikan uang jutaan dolar AS untuk menyuap Luna di sebuah restoran. 

Pada November tahun lalu, Kejaksaan Meksiko juga sudah meminta ekstradisi kepada seseorang yang dijuluki dengan 'super policia' itu kembali ke negaranya. Selain itu, sebenarnya Meksiko juga menginginkan persidangan kasus dugaan korupsi Luna dilakukan di negaranya sendiri, dikutip dari Infobae

Baca Juga: Meksiko: Banjir Genangi Rumah Sakit, 17 Pasien Tewas

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya