Terowongan Bawah Tanah untuk Selundupkan Narkoba Ditemukan di AS

Panjang terowongan hampir 1 kilometer

Jakarta, IDN Times - Otoritas Amerika Serikat (AS) berhasil menemukan terowongan yang melintasi perbatasan Meksiko di Tijuana-San Diego pada Senin (16/5/2022). Terowongan canggih itu diduga dibuat oleh kartel narkoba untuk menyelundupkan narkoba ke AS.

Pada Mei tahun lalu, Pemerintah Meksiko juga menemukan terowongan di Tijuana yang diduga dibuat oleh gembong narkoba Joaquin 'El Chapo' Guzman. Bahkan, terowongan tersebut hanya berada di seberang jalan dari pangkalan Guardia Nacional di Baja California. 

Pada awal Mei, rumah seorang warga di Culiacan, Meksiko anjlok ke dalam tanah sebab berada tepat di atas terowongan milik kartel narkoba. Hal ini membuat terkejut beberapa warga dan ditemukan sejumlah narkoba di lubang tersebut, dilaporkan Vice News

1. Terowongan mempunyai panjang hampir 1 kilometer dan dilengkapi listrik

Terowongan yang melintang di perbatasan AS-Meksiko itu memiliki panjang 0,8 km atau enam kali panjang lapangan sepak bola. Bahkan, terowongan sedalam 18 meter itu sudah dilengkapi dengan lubang ventilasi, listrik, dan rel yang digunakan mengirimkan barang. 

Sementara itu, terowongan berada di sebuah rumah di Tijuana, Meksiko dan melintasi perbatasan yang berujung di sebuah gudang di kawasan Industri Otay Mesa, California. Terowongan ini juga menjadi salah satu cara untuk menyelundupkan narkoba dengan cepat tanpa terdeteksi. 

Dilaporkan Daily Mail, penemuan terowongan buatan kartel narkoba ini setelah diadakannya investigasi dari agen Homeland Security Investigations kepada dua warga National City, California sejak Jumat lalu. Pasalnya, kedua orang bernama Luz de Luna Olmos dan Vanessa Ramirez melakukan hal yang mencurigakan.

Kemudian, setelah agen HSI menghadang mobil yang ditumpangi dua orang itu ketika tiba di rumahnya, mereka mendapati adanya kotak yang berisikan narkoba di kendaraan beserta rumahnya. Lalu, agen HSI juga menggeledah gudang dan menemukan adanya terowongan rahasia tersebut. 

Baca Juga: Lebih dari 100 Ribu Warga Meksiko Hilang Misterius Sejak 1964

2. Enam orang ditangkap atas dugaan penyelundupan narkoba

Terowongan Bawah Tanah untuk Selundupkan Narkoba Ditemukan di ASRumah yang menjadi ujung terowongan di Tijuana, Meksiko. (twitter.com/GuillermoDelu13)

Setelah ditemukan terowongan ini, aparat menangkap enam warga California bagian selatan yang berusia antara 31-55 tahun. Semuanya diduga bersekongkol untuk menyelundupkan kokain, sabu-sabu, dan heroin ke AS. 

Di saat yang sama, agen HSI juga menyita 799 kilogram (kg) kokain, 75 kg sabu-sabu, dan 1,6 kg heroin dari kendaraan dan rumah dua dari enam terduga pelaku. Sedangkan keenam pelaku sudah menghadiri persidangan yang dijadwalkan pada Senin lalu. 

Selain itu, setelah dilegalkannya marijuana di California pada 2019, terdapat perubahan penyelundupan narkoba di perbatasan AS-Meksiko. Sebelum itu, mayoritas narkoba yang diselundupkan melalui terowongan adalah marijuana. 

Pasalnya, narkoba jenis heroin, sabu-sabu, fentanyl dikenal sebagai narkotika yang tidak berbau menyengat dan berukuran kecil, sehingga mudah diselundupkan lewat pintu perbatasan biasa. Namun, terowongan ini memberikan keuntungan agar dapat menyelundupkan dengan cepat, dilansir Associated Press

3. Sudah ada 90 terowongan yang ditemukan di perbatasan AS-Meksiko

Dikutip Reuters, sebanyak 90 terowongan milik kartel narkoba yang sudah ditemukan sejak 1993. Sedangkan, otoritas AS sudah menemukan setidaknya 15 terowongan yang dilengkapi dengan ventilasi, listrik, dan rel sejak 2006. 

Di sisi lain, Kartel Sinaloa diduga sebagai pemilik terowongan dan bertanggung jawab atas puluhan terowongan yang dibuat di gudang, rumah, dan sejumlah bisnis lokal. Pasalnya, terowongan di perbatasan AS-Meksiko merupakan ide dari gembong narkoba El Chapo Guzman sejak tahun 1980-an. 

Meski begitu, otoritas AS menolak untuk mengaitkan penemuan terowongan ini pada kartel narkoba tertentu. Mereka juga mengklaim kemenangan, walaupun masih belum diketahui sejak kapan terowongan itu beroperasi. 

"Tidak ada sinar di akhir terowongan narkoba tersebut. Kami akan menggagalkan semua rute penyelundupan narkoba yang berada di bawah tanah, kami akan menghalangi obat-obatan ilegal untuk mencapai tanah kami dan menghancurkan keluarga kami" tutur Jaksa Distrik Selatan California, Randy Grossman. 

Baca Juga: Fakta Los Montes Bobadilla, Kartel Narkoba yang Dipimpin Perempuan

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya