Comscore Tracker

Tiongkok Lanjutkan Latihan Militer Besar di Empat Perairan Sekaligus

Panaskan hubungan Tiongkok dengan tetangganya

Beijing, IDN Times - Sejak hari Senin (28/09) Tiongkok memulai latihan militernya di perairan yang ada di sekitarnya. Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok tersebut akan memulai latihan di Laut Cina Selatan, Laut Kuning dan Laut Cina Timur serta Laut Bohai untuk beberapa minggu ke depan.

Latihan yang dilakukan oleh Tiongkok ini tentu membuat geram negara tetangganya yang selama ini bersitegang terkait klaim Laut Cina Selatan. Dilansir dari Sputnik, latihan ini akan digelar dari bulan ini hingga bulan Oktober mendatang.

1. Memulai latihan militer di Laut Cina Selatan

Tiongkok Lanjutkan Latihan Militer Besar di Empat Perairan SekaligusMenteri Luar Negeri Tiongkok saat menghadiri pertemuan PBB. twitter.com/zlj517

Melansir dari Reuters, sesuai rencananya Tiongkok akan memulai kelima latihan militernya di beberapa perairan sekitar negaranya secara bersamaan. Latihan ini jadi yang kedua dalam satu bulan ini. Serta dua latihan dilakukan di Kepulauan Paracel di Laut Cina Selatan yang menjadi sengketa antara Tiongkok dan Vietnam. 

Nantinya latihan militer ini akan diakhiri di Laut Bohai, melalui Laut Timur Cina dan Laut Kuning. Sebelumnya pada bulan lalu, Tiongkok melakukan hal sebaliknya yang memulai latihan militernya di Laut Bohai dan mengakhirinya di Laut Cina Selatan, dilansir dari Reuters

Baca Juga: 6 Film Tentang Mata-Mata Terbaik Sepanjang Masa Selain James Bond

2. Adanya mata-mata AS di dekat Perairan Tiongkok

Tiongkok Lanjutkan Latihan Militer Besar di Empat Perairan SekaligusKapal Angkatan Laut AS di Timur Tengah. twitter.com/USNavy/

Latihan militer Tiongkok ini dipicu meningkatnya aktivitas militer AS di Samudera Pasifik, terutama di wilayah perairan yang diklaim Tiongkok. Dikutip dari Sputnik, terdapat beberapa pesawat mata-mata AS yang terbang di secara zigzag melewati Laut Cina Selatan. 

Bahkan terkadang pesawat mata-mata tersebut menyamar sebagai pesawat sipil untuk mengelabuhi para saksi mata. Di samping itu, AS juga melakukan latihan militer besar di Pasifik pada pesisir Hawaii dan juga melakukan latihan di Laut Filipina yang tak jauh dari Guam. 

3. Memanasnya hubungan Tiongkok dengan negara tetangganya

Tiongkok Lanjutkan Latihan Militer Besar di Empat Perairan SekaligusPemimpin Taiwan, Tsai Ing Wen saat berpidato di depan Angkatan Udara Taiwan. twitter.com/iingwen/

Latihan militer Tiongkok yang digelar di laut sekitar negaranya justru memanaskan hubungan Tiongkok dengan negara tetangganya. Tiongkok dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam sudah lama bersitegang soal sengketa Laut Cina Selatan yang diklaim menjadi milik Tiongkok. 

Selain itu, juga meningkatkan ketegangan dengan Taiwan, yang mana Tiongkok menginginkan negara tersebut bergabung dengan RRT. Dilansir dari Japan News, bahkan akhir-akhir ini Tiongkok sering mengirim pesawat militer dan mata-matanya wilayah udara Taiwan. 

Baca Juga: Venezuela Tangkap Terduga Mata-Mata AS di Dekat Kilang Minyak

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya