Ukraina Beri Sanksi Oposisi Pro Rusia, Viktor Medvedchuk

Makin panasnya politik di Ukraina

Kiev, IDN Times - Otoritas Ukraina pada hari Jumat (19/02) resmi memberikan sanksi kepada seorang politisi pro Rusia, Viktor Medvedchuk. Hukuman ini menyusul pemblokiran tiga saluran televisi milik pimpinan partai oposisi Ukraina Opposition Platform - For Life bernama Taras Kozak. 

Adanya sanksi kepada Medvedchuk membuat hubungan antara Rusia dan Ukraina semakin memanas, usai insiden invasi Krimea pada tahun 2014 dan pertempuran di sebelah timur Ukraina. 

1. Berikan sanksi individu pada sekutu Vladimir Putin

Ukraina Beri Sanksi Oposisi Pro Rusia, Viktor MedvedchukKetua oposisi Ukraina, Viktor Medvedchuk. twitter.com/MedvedchukVV/

Dewan Keamanan Nasional Ukrania resmi menjatuhkan sanksi kepada seorang politikus dan pebisnis Viktor Medvedchuk pada hari Jumat (19/02). Selain itu, sanksi individual ini juga dikenakan kepada istri Medvedchulk, Oksana Marchenko dan tujuh orang lain serta 19 perusahaan yang berhubungan dengannya, dilansir dari Financial Times. 

Menurut Kepala Dewan Keamanan Nasional Ukraina, Oleksiy Danilov mengucapkan jika, "Sanksi akan diberlakukan kepada seluruh aset yang dimiliki Tn. Medvedchuk. Seluruh properti yang dimilikinya dan seluruh yang berkaitan dengannya termasuk lima warga negara Rusia akan ditangkap"

2. Disebut terlibat penyelundupan dari Ukraina Timur

Mengutip dari AP News, tindakan sanksi yang berlaku tiga tahun lamanya ini menyusul keputusan Presiden Volodymyr Zelenskiy untuk menutup tiga saluran televisi terkait dengan Medvedchuk dua minggu lalu. Sanksi ini diberikan lantaran menuding siaran televisi tersebut memberikan propaganda dukungan pada negara agresor yang dimaksud Rusia. 

Menurut Kepala Otoritas Keamanan Negara (SBU) Ivan Bakanov, sanksi diberikan berdasarkan kabar intelijen mengenai seseorang dan perusahaan yang terkait dengan penyelundupan batubara dari area Timur Ukraina yang dikuasai kelompok separatis pro Rusia. Sedangkan investigasi masih lebih lanjut akan mengonfirmasi siapa pemberi dana teroris, dilansir dari Financial Times.

Medvedchuk merupakan kepala dewan politik partai pro Rusia, Opposition Platform — For Life. Bahkan partai tersebut merupakan kelompok oposisi terbesar dalam parlemen Ukraina dengan 44 anggota. Viktor Medvedchuk selama ini memiliki kedekatan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan selalu menentang kebijakan Presiden Zelenskiy. 

Baca Juga: Presiden Ukraina Blokir Tiga Saluran TV Oposisi 

3. Medvedchuk belum menanggapi sanksi tersebut

Melaporkan dari Reuters, mendengar kabar sanksi kepada Medvedchuk, pihak kantornya masih belum memberikan tanggapan apapun. Namun partai Medvedchuk sudah memberikan komentar terkait keputusan tersebut yang menyebutkan bahwa, "Hari ini Ukraina selangkah lebih dekat kepada kediktatoran."

Sanksi ini juga diberikan berkaitan pecahnya kembali perang di timur Ukraina di tahun ini yang merenggut nyawa 13 tentara Ukraina. Kiev selama ini menyebut Kremlin pencetus dan pendukung perang di Donbas yang sudah menyebabkan 13 ribu orang tewas sejak tahun 2014, dikutip dari Financial Times

Baca Juga: Geram! Putin Bantah Tuduhan Trump soal Bisnis Putra Biden di Ukraina

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya