Comscore Tracker

Ukraina Berterima Kasih atas Bantuan Senjata dari Makedonia Utara

Sebut sebagian negara G20 enggan memberi bantuan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Ukraina mengapresiasi Makedonia Utara yang bersedia mengirimkan bantuan persenjataan. Bahkan, negara pecahan Yugoslavia itu disebut bersedia menyumbangkan beberapa pesawat Sukhoi Su-25 yang sudah tak terpakai. 

Pada pekan lalu, Makedonia Utara sudah melakukan pengiriman persenjataan berupa tank T-72 buatan Uni Soviet. Selain ditujukan untuk membantu Ukraina, donasi ini sebagai langkah untuk memperbarui alutsista milik negara Balkan tersebut yang dikenal sudah usang. 

1. Ukraina berterima kasih atas kemurahan hati Makedonia Utara

Ucapan tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Kepresidenan Ukraina, Mykhailo Podolyak ketika mengonfirmasi pengiriman donasi senjata tersebut. Pada kesempatan itu, ia menyebut donasi tidak melihat seberapa besar negara tersebut. 

"Seorang teman selalu membutuhkan teman. Ini tidak peduli seberapa besar negara atau seberapa besar PDB-nya. Apa yang penting adalah kemurahan hati yang Anda miliki. Sejumlah negara menunjukkan keberaniannya dibanding sebagain dari negara G20. Seperti halnya Makedonia Utara yang bersedia memberi bantuan ke Ukraina dalam bentuk tank dan pesawat" tuturnya, dilansir dari Ukrinform.

"Ukraina tidak akan pernah melupakan kebaikan yang diberikan Makedonia Utara kepada kami di tengah situasi seperti ini," tambahnya. 

Baca Juga: Warga Makedonia Utara Tolak Proposal Prancis: Ini Bulgariaisasi!

2. Makedonia Utara sudah mengirimkan 30 tank T-72 ke Ukraina

Pada akhir Juli, Pemerintah Makedonia Utara sudah mengumumkan pengiriman tank T-72 buatan Soviet ke Ukraina. Sementara, pengiriman alutsista tersebut nantinya berguna untuk Ukraina dalam menahan laju serangan dari Rusia. 

Dilaporkan RFE/RL, Kementerian Pertahanan Makedonia Utara mengutarakan bahwa donasi alutsista ke Ukraina ini tidak akan berpengaruh terhadap kesiap-siagaan pasukannya dalam medan tempur. 

Setelah pengumuman tersebut, terdapat sejumlah video di media sosial yang memperlihatkan truk yang mengangkut tank di Makedonia Utara. Menurut media lokal, potongan video tersebut memang menunjukkan tank yang hendak dikirim ke Ukraina, dikutip dari RT

Makedonia Utara mengatakan, tank buatan Soviet tersebut dibeli dari Ukraina pada tahun 2001. Pembelian itu dilakukan di tengah ketegangan dengan etnis Albania yang menginginkan kemerdekaan dari Skopje. 

3. Rusia sebut Makedonia Utara melakukan kesalahan besar

Menanggapi pengiriman senjata ke Ukraina, Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut keputusan Skopje adalah kesalahan besar. Pihaknya mengatakan bahwa Makedonia Utara merupakan bagian dari aliansi NATO yang seharusnya mendukung posisi dari organisasi pertahanan tersebut. 

Di sisi lain, rencana pengiriman pesawat Sukhoi Su-25 yang diberitakan dalam media lokal masih menjadi perdebatan. Masalahnya, Kemenhan setempat masih belum memberikan konfirmasi kebenaran kabar tersebut. 

Pesawat tersebut sudah dibeli dari Ukraina pada 2001 silam dan sudah dipensiunkan sejak 2004. Makedonia Utara dikabarkan sudah berusaha menjualnya ke beberapa negara lain, tapi gagal. Mereka juga berniat memodernisasi pesawat tersebut untuk menyesuaikan dengan standar NATO, tapi gagal terrealisasi. 

Baca Juga: 5 Klub Ukraina yang Terdampak Konflik Ukraina dan Rusia

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya