Comscore Tracker

Ukraina Protes atas Komentar Parlemen Hungaria

Hungaria ungkit kembali wilayah Transcharpatia

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri Ukraina menyatakan kecamannya kepada anggota parlemen Hungaria pada Minggu (13/11/2022), soal tanggapan revisi perbatasan. Ia menyebut bahwa komentar itu akan memperburuk hubungan bilateral antara kedua negara. 

Pekan lalu, Hungaria menolak talangan dana pinjaman dari seluruh anggota Uni Eropa kepada Ukraina. Padahal, upaya itu merupakan bentuk kepedulian Uni Eropa dalam membangun kembali Ukraina yang luluh lantah akibat perang Rusia-Ukraina. 

Baca Juga: Perang Ukraina Terkini: Rusia Kuasai 20 Persen Ukraina

1. Ukraina minta Hungaria kecam pernyataan Toroczkai

Keterangan di atas disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleg Nikolenko dalam akun Facebook-nya. Ia menyebut bahwa keterangan dari anggota Parlemen Hungaria, László Toroczkai itu tidak dapat diterima. 

"Ucapan anggota parlemen László Toroczkai terkait revisi perbatasan negara ini tidak dapat diterima. Kami meminta pemerintah Hungaria mengecam pernyataan tidak bertanggung jawab tersebut yang merusak hubungan bilateral dan tidak mencerminkan tetangga yang baik," ungkap Nikolenko, seperti dilansir Ukrinform.

Pasalnya, media lokal menyebut bahwa László Toroczkai berharap Polandia dan Hungaria dapat kembali memiliki perbatasan langsung seperti dulu. Kabar ini terus memperburuk hubungan Ukraina dan Hungaria dalam beberapa bulan terakhir. 

Baca Juga: Jerman Geram karena Hungaria Blokir Bantuan Dana UE ke Ukraina

2. Toroczkai unggah foto tentara Polandia-Hungaria di tahun 1939

Protes ini dilandasi pernyataan László Toroczkai pada Jumat (11/11/2022) lalu ketika memberikan ucapan selamat atas Hari Kemerdekaan Polandia. 

"Hari ini adalah Hari Kemerdekaan Polandia. Semoga Polandia diberkati! Semoga kita dapat bertemu kembali di perbatasan Polandia-Hungaria," paparnya, dikutip dari Euromaidan Press.

Selain itu, Toroczkai juga mengunggah gambar di akun Twitter-nya yang menunjukkan tentara Hungaria dan Polandia berjabat tangan di pos perbatasan lama kedua negara. Foto tersebut diambil pada 1939, ketika Hungaria sukses mengambil kembali teritori Transcharpatia yang sekarang adalah teritori Ukraina. 

Baca Juga: PM Hungaria Kritik Uni Eropa dalam Perayaan Revolusi 1956

3. Hungaria ucapkan selamat dan rayakan Hari Kemerdekaan Polandia

Ukraina Protes atas Komentar Parlemen HungariaPM Hungaria, Viktor Orban saat menghadiri pertemuan Uni Eropa. facebook.com/orbanviktor/

Pada hari yang sama, Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban mengucapkan kepada rekannya, Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki dan rakyatnya terkait Hari Kemerdekaan Polandia pada Jumat lalu. 

"Tanggal 11 November adalah hari yang spesial. Ini menandai tercapainya cita-cita pembentukan negara merdeka dan berdaulat. Hari ini, kami sebagai rakyat Hungaria mengucapkan rasa hormat atas perjuangan pahlawan Polandia yang berjuang dalam perang kemerdekaan dan kami melihat restorasi dalam kemerdekaan Polandia sebagaiman restorasi sejarah hukum," papar Orban, dilansir Hungary Today.

Orban juga menambahkan bahwa persaudaraan Hungaria dan Polandia adalah contoh yang didasari dari pengalaman bersejarah. Ia menyatakan hubungan keduanya semakin kuat dari aspirasi yang dapat memecahkan keduanya. 

"Kami selalu melangkah bersama dalam jalan sejarah untuk selalu menghormati dan membantu satu sama lain," ungkap Menteri Hukum, Judit Varga dalam perayaan kemerdekaan Polandia di Budapest. 

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya