Comscore Tracker

Uruguay Jadi Salah Satu Negara Tercepat dalam Vaksinasi

Sudah memvaksin hampir 25 persen penduduknya

Montevideo, IDN Times - Pada awal bulan April ini, Uruguay menjadi salah satu negara yang sukses melakukan vaksinasi dengan mencatatkan lebih dari 20 persen warganya yang sudah mendapatkan suntikan vaksin. Meskipun negara Amerika Selatan tersebut baru memulai program vaksinasi pada akhir Februari lalu. 

Selain melangsungkan vaksinasi, Uruguay sebelumnya juga sudah memberlakukan pembatasan di negaranya lantaran khawatir akan melonjaknya kasus COVID-19 dari varian P1 asal Brasil. 

1. Uruguay jadi salah satu negara vaksinasi tercepat

Uruguay Jadi Salah Satu Negara Tercepat dalam VaksinasiPresiden Uruguay Luis Lacalle Pou saat mengikuti vaksinasi. (twitter.com/LuisLacallePou)

Sejak awal bulan April, Uruguay menjadi salah satu negara dengan tingkat vaksinasi tercepat di Amerika Latin. Bahkan diketahui kini sudah hampir 25 persen warganya yang mendapat suntikan vaksin, meski negara tersebut baru memulai program tersebut pada akhir Februari lalu. 

Menurut Kementerian Kesehatan Uruguay mengatakan jika pada Senin (05/04/2021) sebanyak 813.195 vaksin sudah diberikan. Sebanyak 723.977 penduduk sudah mendapatkan satu dosis suntikan dan 89.218 mendapatkan dua dosis vaksin, dilansir dari Infobae

2. Sudah memvaksin 10 persen populasinya di setiap wilayah

Mengutip dari RPP, Uruguay sudah melakukan vaksinasi kepada setidaknya 10 persen dari populasinya. Namun hingga kini program vaksinasi ini dinilai kurang peminat, sehingga banyak dialokasikan kepada penduduk Uruguay yang berada di perbatasan Brasil serta para tahanan. 

Diketahui tertinggi berada di Rivera yang berbatasan dengan Brasil sudah memvaksin 36 persen penduduknya. Sementara paling wilayah Canelones menjadi yang terendah dengan 10,4 persen penduduknya divaksinasi. Sedangkan ibukota Montevideo sejauh ini sudah melakukan vaksinasi satu dosis kepada 21,48 persen penduduknya dan 2,72 persen sudah mendapat suntikan kedua. 

Baca Juga: Kasus COVID-19 Naik, Uruguay Lakukan Pembatasan Sosial

3. Menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech, Sinovac dan AstraZeneca

Uruguay Jadi Salah Satu Negara Tercepat dalam VaksinasiVaksin AstraZeneca yang tiba di Bandara Internasional Carrasco, Montevideo. (twitter.com/MSPUruguay)

Sebelumnya Uruguay sudah membeli sebanyak 3,8 juta dosis vaksin dari Pfizer/BioNTech dan Sinovac. Sedangkan hingga kini sebanyak 1,9 juta vaksin tersebut sudah diterima. Selain itu, pada hari Minggu (04/04/2021) sebanyak 48 ribu dosis vaksin AstraZeneca melalui program Covax sudah sampai di Uruguay, dikutip dari Swiss Info.

Kasus positif COVID-19 di negara berpenduduk 3,8 juta jiwa tersebut belakangan ini menunjukkan lonjakan, bahkan angka positif hariannya mencapai lebih dari 3000 kasus. Maka hingga Senin (05/04/2021) total kasus COVID-19 mencapai 119.958 dengan jumlah kematian sebesar 1.146 jiwa. 

Baca Juga: Mantan Presiden Meninggal, Warga Uruguay Berkabung Nasional

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya