Venezuela: Rayakan Ultah, Pebisnis Pesta Gunung Keramat

Picu kemarahan warga di tengah krisis ekonomi

Jakarta, IDN Times - Sekelompok pebisnis kaya asal Venezuela terungkap mengadakan pesta ulang tahun di Gunung Kusari pada Jumat (11/2/2022). Hal ini lantas menimbulkan perdebatan dan kecaman dari publik Venezuela yang tengah menghadapi masa-masa sulit di tengah krisis ekonomi. 

Di samping mendapat kritikan, pesta itu diduga menimbulkan kerusakan lingkungan di area pegunungan di tengah Hutan Amazon itu. Pasalnya, area tersebut merupakan gunung yang dikeramatkan oleh masyarakat pribumi. 

1. Foto pesta ulang tahun mewah tersebar di sosial media

Pebisnis Venezuela bernama Rafael Oliveros diketahui sudah mengadakan acara pesta ulang tahun di Gunung Kusari yang terletak di Taman Nasional Canaima. Gunung itu dikenal sebagai gunung berpuncak datar yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat.

Oliveros beserta seluruh tamunya diketahui pergi ke Gunung Kusari dengan menggunakan helikopter. Sementara, para tamu undangan dalam pesta ulang tahun itu diketahui menggunakan jas dan tuxedo layaknya pesta mewah pada umumnya. 

Kabar pesta ulang tahun di gunung keramat itu bermula ketika para tamu undangan yang memosting di sosial media. Hal itu lantas menimbulkan kecaman dan kritikan dari netizen Venezuela atas komentar dalam sosial media, dikutip dari Vice News

2. Acara pesta di Gunung Kusari disebut telah merusak lingkungan

Baca Juga: Chile: Warga Protes atas Kedatangan Imigran Venezuela

Dilaporkan Reuters, seorang sesepuh Suku Pemon bernama Nazario Rosi mengatakan bahwa ini merupakan bentuk pelanggaran terhadap alam dan dianggap telah merusak lingkungan dan ekosistem di gunung itu. 

"Ini adalah bentuk pelanggaran kepada Alam Semesta karena area tersebut disakralkan, gunung yang masih perawan yang umumnya kita hanya melihatnya, merawatnya dan menghormatinya, seperti halnya leluhur kita dulu" ungkap Rosi. 

"Mereka menghancurkan tanaman lokal dan lingkungan di sekitar gunung. Kebudayaan Pemon melarang siapapun untuk masuk ke puncak Kusari" tuturnya. 

Acara ulang tahun itu memang merupakan pelanggaran akses kepada warga lokal, menurut sesepuh pribumi, Rosi dan Roberto Simon mengungkapkan bahwa izin penyelenggaraan acara itu tidak pernah diajukan. Umumnya, izin diajukan oleh para peneliti untuk menggarap proyek ilmiah di area taman nasional. 

3. Kejagung sedang menyelidiki kerusakan yang ditimbulkan akibat pesta di Gunung Kusari 

Dikutip France24, Gunung Kusari atau yang kerap disebut dengan Gunung Tepuy merupakan area yang gunung datar di tengah Hutan Amazon di perbatasan Venezuela, Brasil dan Kolombia. Selain itu, gunung datar itu diketahui sangat unik dan kaya akan keanekaragaman hayati. 

Kejagung Venezuela, Tarek William Saab mengatakan bahwa pihak persekutor sedang menginvestiasi kerusakan yang terjadi di Taman Nasional Canaima. NGO lokal SOS Orinoco juga mengatakan bahwa pendaratan helikopter dan pengadaan pertemuan di area tertutup merupakan bentuk pelanggaran hukum. 

Taman Nasional Canaima merupakan salah satu lokasi yang dinobatkan sebagai Warisan Budaya UNESCO sejak 1994 karena dianggap sebagai candi alam yang rentan akan kerusakan lingkungan. Selain itu, area taman nasional itu juga menjadi tempat air terjun Angel yang merupakan air terjun tertinggi di dunia berada. 

Baca Juga: El Koki, Bos Geng Kriminal Paling Bahaya di Venezuela Tewas Tertembak

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya