Venezuela Tolak Upaya Pembukaan Perbatasan Kolombia

Tolak keputusan sepihak Kolombia

Caracas, IDN Times - Presiden Venezuela Nicolas Maduro menolak upaya sepihak dari Kolombia untuk membuka kembali perbatasan kedua negara. Penolakan ini demi menanggulangi lonjakan COVID-19 yang bisa terjadi sebagai dampak dibukanya perbatasan Kolombia-Venezuela. 

Pada minggu lalu, Pemerintah Kolombia secara sepihak sudah membuka perbatasan negara dengan semua negara tetangganya kecuali Venezuela. Namun keputusan sepihak tersebut justru menuai protes dari Panama dan Ekuador lantaran dapat menaikkan jumlah kasus COVID-19. 

1. Maduro tolak upaya sepihak pembukaan perbatasan Kolombia-Venezuela

Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada hari Minggu (23/05/2021) menolak upaya Pemerintah Kolombia untuk membuka kembali perbatasan kedua negara. Penolakan dari Maduro lantaran Pemerintah Kolombia disebut memutuskan secara sepihak tanpa adanya koordinasi dengan Venezuela. 

Dilansir dari Associated Press, Presiden Nicolas Maduro mengatakan bahwa, "Bogota membicarakan mengenai pembukaan perbatasan secara unilateral. Saya katakan keputusan unilateral tidak akan berhasil."

Ungkapan dari Maduro ini berkaitan dengan kekhawatiran akan tingginya angka infeksi COVID-19 di Kolombia beberapa minggu terakhir. Bahkan presiden Venezuela tersebut juga mengungkapkan jika varian baru asal Inggris dan Brasil sudah tersebar luas di negara tetangganya tersebut. 

2. Maduro sebut Duque mencoba alihkan isu demonstrasi

Baca Juga: Nicolas Maduro Bersedia Berunding dengan Oposisi Venezuela

Dikutip dari laman Anadolu Agency, Presiden Nicolas Maduro juga mengkritik Ivan Duque terkait pembukaan perbatasan ini sebagai upaya pengalihan perhatian publik dari isu demonstrasi besar akibat rencana reformasi pajak di Kolombia. Pasalnya demo tersebut justru menarik perhatian dunia internasional terkait kebrutalan polisi dan militer yang menyebabkan tewasnya puluhan pendemo. 

Maduro juga mengatakan jika pihaknya tidak akan membiarkan kejadian di Kolombia terjadi di negaranya. Serta akan tetap menutup perbatasan untuk mencegah masuknya varian berbahaya ke Venezuela.

Meski begitu, Presiden Nicolas Maduro masih membuka kemungkinan persetujuan dengan Kolombia untuk membuka kembali perbatasan kedua negara dengan aturan keamanan biologis yang ketat. 

3. Kolombia buka perbatasan dengan negara tetangganya untuk bangkitkan ekonomi

Venezuela Tolak Upaya Pembukaan Perbatasan KolombiaPerbatasan Kolombia-Venezuela yang dijaga ketat. (twitter.com/laverdadweb)

Sejak hari Rabu (19/05/2021) Pemerintah Kolombia resmi membuka kembali perbatasan negara dengan Brasil, Peru, Ekuador dan Panama demi membangkitkan ekonomi masyarakat di wilayah perbatasan. Sementara perbatasan Kolombia-Venezuela masih ditutup, serta masih mengkaji ulang kemungkinan pembukaan yang direncanakan dibuka kembali mulai 1 Juni mendatang. 

Sebelumnya hubungan Venezuela sudah memutuskan hubungan dengan Kolombia sejak 2019, setelah Ivan Duque mengajui Juan Guaido sebagai presiden menggantikan Maduro. Maka dari itu, ditutupnya perbatasan kedua negara sepanjang 2.200 km membuat maraknya penyelundup ilegal dan pasukan bersenjata, dilansir dari El Tiempo.  

Baca Juga: Nicolás Maduro, Mantan Sopir Bus yang Jadi Presiden Venezuela

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya