Comscore Tracker

Yunani Berencana Buka Kembali Sekolah Usai Lockdown

Adanya pelonggaran pembatasan

Athena, IDN Times - Yunani berencana untuk membuka kembali sekolah setelah ditutup selama hampir setahun lamanya. Pembukaan sekolah ini direncanakan usai datangnya alat test coronavirus yang akan menjadi syarat bagi murid dan guru agar dapat dibukanya kembali kelas tatap muka.

Sejak satu minggu terakhir Pemerintah Yunani sudah melakukan pelonggaran lockdown setelah ditutup selama beberapa bulan. Meskipun kini penularan COVID-19 di Yunani diketahui masih tergolong tinggi. 

1. Akan memperbolehkan murid tingkat akhir SMA masuk kembali

Yunani Berencana Buka Kembali Sekolah Usai LockdownMenteri Pendidikan Niki Kerameus dan Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias. (twitter.com/nkerameus)

Pemerintah Yunani akan memperbolehkan kembali sekolah untuk buka meski masih berada di tengah pandemik COVID-19. Bahkan pemerintah setempat sudah berencana untuk membuka sekolah mulai hari Senin (12/04/2021) mendatang, setelah ditutup selama beberapa bulan lalu. 

Namun sekolah yang diperbolehkan buka untuk SMA dan hanya diperuntukkan bagi murid tingkat akhir. Sedangkan murid yang untuk tingkat di bawahnya belum diperbolehkan masuk dan harus menunggu bulan depan, dilansir dari The National Herald

2. Sudah tersedianya alat tes mandiri COVID-19

Yunani Berencana Buka Kembali Sekolah Usai LockdownAlat tes COVID-19 mandiri. (instagram.com/skmerriman)

Melansir dari AP News, pembukaan sekolah ini diusulkan setelah datangnya alat tes mandiri COVID-19 di Yunani pada Rabu (07/04/2021). Bahkan setiap satu minggu sekali tes tersebut diadakan secara gratis untuk murid dan guru yang menunjukkan nomor identitas jaminan sosial (AMKA).

Nantinya para murid dan guru diharuskan untuk menjalani tes mandiri di rumah sebelum datang ke sekolah. Selain itu, tes mandiri ini juga harus dilakukan oleh guru dan murid sebanyak dua kali dalam seminggu. 

Namun sejumlah sekolah swasta mengaku kesulitan untuk mengakses lantaran terdapat muridnya yang berasal dari luar negeri dan harus menunjukkan visa emas agar bisa mengakses tes. Selain itu, sekolah swasta juga meminta agar pengemudi bus dan pembersih juga harus menjalani tes, dikutip dari Ekathimerini

Baca Juga: Dua Abad Merdeka, Yunani Gelar Parade Militer

3. Yunani longgarkan pembatasan meski terjadi lonjakan

Yunani Berencana Buka Kembali Sekolah Usai LockdownJalanan kota Thessaloniki saat lockdown. (instagram.com/agapao.thessaloniki/)

Sejak Senin (07/04/2021) Pemerintah Yunani sudah melakukan pelonggaran lockdown dengan memperbolehkan toko retail di seluruh negeri untuk buka. Namun restoran dan bar masih belum diperbolehkan buka serta hanya menjual makanan yang dibawa pulang. Selain itu, masyarakat boleh untuk keluar rumah dengan mewajibkan penggunaan masker dan tetap berlakunya jam malam mulai pukul 09.00 hingga 05.00, dilaporkan dari AP News

Meski sudah membuka kembali beberapa lini bisnis, tetapi kasus COVID-19 di Yunani mengalami lonjakan dalam beberapa minggu belakangan. Bahkan pada tanggal 6 April lalu, sudah tercapai rekor baru penularan harian sebesar 4.293. Hingga Kamis (08/04/2021) total penularan COVID-19 di Yunani sudah mencapai 288.230 kasus, dengan jumlah kematian sebesar 8.680 jiwa. 

Baca Juga: Dua Abad Merdeka, Yunani Gelar Parade Militer

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya