Gara-gara BTS, Salah Satu Pantai Tersepi Korsel Kini Ramai

Dari sepi, berubah jadi tujuan favorit selama musim panas

Samcheok, IDN Times - Efek dahsyat dari kepopularitasan grup KPop BTS lagi-lagi menjadi perbincangan hangat. Setelah sempat membuat heboh di banyak negara dengan kolaborasinya bersama Mcdonald's, kali ini grup beranggotakan 7 member itu disebut telah membantu menaikkan sektor pariwisata yang ada di Pantai Maengbang, kota Samcheok, wilayah pesisir timur Korea Selatan.

Melansir dari Yonhap, lonjakan pengunjung dalam jumlah tidak biasa telah terjadi sejak BTS menjadikannya sebagai lokasi pemotretan untuk foto konsep di CD single "Butter". Pemerintah kota setempat mengaku terkejut akan hasil yang didapatkan mengingat pantai Maengbang yang biasanya sepi pengunjung, kini telah berubah menjadi tujuan wisata tepi laut paling populer di Provinsi Gangwon selama musim panas tengah berlangsung.

1. Pemerintah kota dengarkan permintaan fans BTS

Sebelumnya, sepuluh pantai yang ada di kota Samcheok termasuk Maengbang hanya berhasil menarik sekitar 192.000 pengunjung dari awal musim panas hingga 30 Juli lalu. Kondisi sepi tersebut lantas menempatkannya di peringkat kedua sebagai pantai paling jarang dikunjungi bila dibandingkan lusinan pantai lainnya di enam kota wisata yang berbatasan dengan Laut Timur.

Namun, situasi itu berubah secara mengejutkan hanya dalam rentang empat hari hingga Rabu lalu (4/8), ketika Pantai Maengbang tiba-tiba mengalami lonjakan popularitas dan berhasil menarik hampir 8.000 wisatawan setiap hari berkat pemasarannya dengan menggunakan 'efek' BTS. Pemerintah kota yang sebelumnya kerap mendapatkan pertanyaan terkait lokasi pemotretan dalam CD Single "Butter", akhirnya menanggapi saran para ARMY (julukan fans BTS) yang meminta agar atribut seperti payung pantai, kursi berjemur, jaring voli dan lain-lain yang ada di dalam foto dapat kembali di pasang di pantai. Berkat hal itu, dengan cepat posisi rendah yang sebelumnya disematkan pun kini berbalik menempatkannya di salah satu posisi puncak pantai dengan banyak pengunjung. "Orang-orang mengantri untuk berfoto di zona BTS di Pantai Maengbang, bahkan selama hari kerja," kata seorang anggota dinas pemerintah setempat.

2. Pemerintah kota ingin terus lanjutkan promosi pantai dengan menggunakan atribut BTS

Gara-gara BTS, Salah Satu Pantai Tersepi Korsel Kini RamaiFoto BTS untuk pemotretan CD-single "Butter". Sumber: Facebook.com/BTS (방탄소년단)

Demi menjaga keamanan selama masa pandemi, aturan ketat seperti batasan pengunjung serta menjaga jarak saat menunggu giliran foto telah diberlakukan di area pantai. Meski saat ini kunjungan wisatawan asing ke Korsel berkurang karena COVID-19, pemerintah daerah setempat bertekad untuk tetap melanjutkan promosi pantai sambil memasukkan lebih banyak atribut tentang BTS. Selain mengelola zona foto seperti yang ada di album, pemerintah Samcheok kabarnya juga berencana untuk segera mendirikan pahatan patung BTS dan mengoperasikan tur khusus yang berkaitan dengan grup papan atas tersebut, seperti dilansir dari The Korea Times.

Baca Juga: Luncurkan BTS Meal, McDonald's: BTS Punya Kenangan Indah dengan McD

3. Popularitas BTS dongkrak sektor pariwisata di Korsel

Gara-gara BTS, Salah Satu Pantai Tersepi Korsel Kini RamaiFoto BTS untuk pemotretan CD-single "Butter". Sumber: Facebook.com/BTS (방탄소년단)

Sementara itu, Sejak kebehasilannya dalam meraih kesuksesan global, BTS telah berulang kali menunjukkan bahwa kepopularitasan mereka dapat memengaruhi banyak bidang termasuk menaikkan ekonomi negara.

Tempat-tempat di Korea Selatan yang pernah dikunjungi anggota BTS baik untuk syuting video musik, pemotretan, atau bahkan sekedar perjalanan pribadi, telah seringkali menjadi tujuan wisata baru yang kemudian diincar tidak hanya oleh turis domestik, tetapi juga mancanegara.

Salah satu yang sempat menjadi viral adalah Halte bus di Pantai Hyangho, yang pernah masuk sebagai salah satu destinasi paling ingin dikunjungi oleh penggemar BTS dari seluruh dunia, menurut survei yang dilakukan oleh Organisasi Pariwisata Korea pada Juni 2019. Tempat itu menjadi terkenal setelah muncul di sampul album "You Never Walk Alone" pada tahun 2017. Meski sempat dihancurkan setelah pemotretan, Kota Gangneung memulihkannya pada Juli 2018, atas permintaan para penggemar. Kini halte bus tersebut selalu ramai oleh pengunjung dari pagi hingga malam hari.

Baca Juga: Tenaga Medis di Malaysia Terima Donasi BTS Meal dari ARMY

Calledasia Lakawa Photo Verified Writer Calledasia Lakawa

Broken crayons still color

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya