Korsel: Atlet Mulai Divaksin Jelang Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo 2020 akan segera digelar tiga bulan lagi 

Seoul, IDN Times - Tiga bulan menjelang diadakannya olimpiade Tokyo 2020, pemerintah Korea Selatan mulai mempersiapkan langkah antisipasi perlindungan COVID-19 bagi para atlet, pelatih, dan semua staf delegasi yang akan terlibat, dengan memulai program vaksinasi prioritas sejak Kamis (29/4/2021).

Komite Olahraga dan Olimpiade Korsel mengatakan bahwa kelompok pertama delegasi Olimpiade yang terdiri dari sekitar 100 orang telah menerima dosis awal mereka dan akan dilanjutkan suntikan kedua dalam beberapa minggu mendatang.

1. Korsel akan kirim sekitar 900 delegasi ke Olimpiade Tokyo 2020

Korsel: Atlet Mulai Divaksin Jelang Olimpiade Tokyo 2020Potret jalan bertuliskan corona. Sumber: Unsplash.com/Markus Spiske

Melansir dari Associated Press, jumlah keseluruhan atlet, pelatih, ofisial, dan staf pendukung lainnya yang akan divaksinasi adalah sebanyak 930 orang. Atlet yang dapat menerima vaksin jalur cepat tersebut adalah mereka yang telah lolos ke olimpiade atau berpartisipasi dalam Paralimpiade Tokyo 2020. Para atlet dan pelatih semuanya dijadwalkan untuk menerima vaksin Pfizer, sedangkan khusus para staf pendukung dan jurnalis yang berusia 30 tahun ke atas atau lebih akan diberi vaksin AstraZeneca.

Korea Selatan secara tentatif menargetkan untuk mengirim sekitar 800-900 orang ke Olimpiade, di mana 350 di antaranya adalah atlet dan pelatih di 27 pertandingan.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Olahraga berkata bahwa pihaknya mendukung persiapan para atlet mereka dan berharap vaksinasi dapat membantu mewujudkan partisipasi yang aman dan sukses dalam pertandingan.

2. Vaksinasi atlet Olimpiade bukan kewajiban

Korsel: Atlet Mulai Divaksin Jelang Olimpiade Tokyo 2020Ilustrasi suntikan vaksin COVID-19. Sumber: Unsplash.com/Ivan Diaz

Meski direkomendasikan, vaksinasi COVID-19 bagi para atlet yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020 di Jepang sebenarnya bukan sesuatu yang wajib dilakukan.

Korea selatan sendiri secara khusus saat ini tengah sangat gencar mengkampanyekan vaksinasi demi dapat menepati janji pemerintah yang berniat untuk menginokulasi 12 juta warganya pada Juni, serta mencapai 'herd immunity' pada November nanti.

Sebelumnya pada Kamis lalu (29/4), otoritas korsel mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menginokulasi lebih dari 3 juta penduduknya hanya dalam dua bulan sejak peluncuran vaksin dilakukan di bulan Februari. Pemerintah juga mengatakan pihaknya telah mengamankan cukup vaksin untuk 99 juta orang, atau hampir dua kali lipat dari total populasinya.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo 2020 Dalam Bayang-bayang Demonstrasi Perawat

3. Korea Utara tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo mendatang

Korsel: Atlet Mulai Divaksin Jelang Olimpiade Tokyo 2020Potret dua maskot Olimpiade Tokyo 2021. Twitter.com/Tokyo2020

Berbanding dengan keputusan Korsel, Korea Utara sebelumnya mengumumkan pada awal April lalu bahwa negaranya tidak akan berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020 akibat kekhawatiran akan masih adanya virus corona. Keputusan itu pun menjadikannya sebagai negara pertama yang keluar dari Olimpiade Tokyo karena masalah pandemi COVID-19.

Mendengar kabar tersebut, pihak Kementerian Unifikasi Korea menyatakan bahwa mereka menyesalkan keputusan yang diambil oleh Korea Utara, karena sebelumnya mereka berharap olimpiade dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan hubungan antar-Korea yang kini semakin menurun.

Di sisi lain, olimpiade tokyo yang sempat diundur setahun karena pandemi, rencananya akan dijadwalkan berlangsung dari 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Panitia penyelenggara saat ini tengah begegas untuk menerapkan tindakan pencegahan agar dapat memastikan keselamatan bagi atlet dan warganya selama perlombaan olahraga internasional itu berlangsung.

Namun, kekhawatiran bahwa Olimpiade dapat memperburuk penyebaran virus semakin meningkat hingga kini mengingat Jepang tengah kembali dihadapkan pada situasi darurat COVID-19 yang membuat kota besar Tokyo, Osaka, Kyoto dan Hyogo harus kembali menjalankan sejumlah langkah-langkah ketat pencegahan.

Baca Juga: Lalu Muhammad Zohri Diundang ke Tes Olimpiade Tokyo 2020

Calledasia Lakawa Photo Verified Writer Calledasia Lakawa

Broken crayons still color

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya